WASIT FUTSAL

WASIT FUTSAL

WASIT FUTSAL

Ketika pertandingan futsal pasti memiliki 2 wasit yang menjadi pemimpin permainan. Mereka berdualah yang memiliki kewenangan penuh terhadap pertandingan saat itu. Kedua wasit itu biasanya di sebut wasit satu dan wasit dua. Tanggung jawab menjadi wasit pasti juga besar, karena berhubungan dengan mengambil keputusan dengan cepat dan adil bagi keduabelah pihak.

Berikut beberapa tugas wasit sesuai peraturan futsal:

  1. Mengatur, memimpin, dan menegakkan dari awal hingga akhir pertandingan futsal
  2. Memastikan bola yang digunakan dalam permainan memenuhi persyaratan
  3. Memastikan dengan teliti bahwa pemain menggunakan atribut yang lengkap dan sesuai
  4. Selalu membawa dan menulis catatan setiap kejadian dalam pertandingan
  5. Memiliki wewenang menghentikan permainan saat terjadi pelanggaran
  6. Memberikan hukuman terhadap pemain yang melanggar peraturan
  7. Memastikan bahwa di dalam pertandingan tidak ada orang lain kecuali pemain utama

Semua yang menjadi keputusan wasit mengenai pertandingan saat itu tidak bisa diganggu gugat dan bersifat mutlak. Wasit dapat merubah keputusannya apabila sudah berkomunikasi dan berdiskusi dengan asisten wasit sebelum permainan dimulai kembali. Wasit kedua bisa digantikan, apabila wasit satu terkena cedera atau sakit.

Wasit tidak akan bertanggung jawab atas segala yang terjadi pada cedera penonton dan official. Kerusakan harta dan benda juga bukan dari bagian tanggung jawab wasit. Bila terjadi kerusakan sarana dan prasarana milik salah satu tim juga bukan tanggung jawab wasit. Kerugian perorangan, club, asosiasi dan perusahaan juga bukanlah masuk bagian tanggung jawab wasit.


Baca Juga :