TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN

TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN

TUJUAN MANAJEMEN PEMASARAN

Umumnya manajemen pemasaran memiliki

6 tujuan utama dalam menjalankan visi dan misi perusahaan. Pertama, untuk membangun permintaan di pasaran karena penjualan akan terjadi kila ada permintaan konsumen. Membangun permintaan konsumen tidak semudah membalikkan telapak tangan. Dibutuhkan upaya pemasaran yang dapat menarik dan menciptakan rasa penasaran konsumen akan barang atau jasa yang ditawarkan.

Kedua, bertujuan untuk membangun kepuasan konsumen, sebab target perusahaan tidak hanya mendapatkan dan meningkatkan permintaan. Tujuan ini dapat dilakukan dengan cara memahami dan mengerti keinginan calon konsumen sendiri. Disamping itu, perlu memahami produk bagaimana yang mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen.

Ketiga, agar mendapatkan market share dalam bentuk progres positif. Jika diibaratkan pasar merupakan sebuah kue, dan market share berasal dari potongan kue itu. Perusahaan menginginkan peningkatan dan perluasan penjualan atau market share. Upaya yang dilakukan perusahaan terkadang sebatas pada target agar mempertahankan market share yang telah diperoleh.

Tujuan keempat merupakan unsur terpenting agar operasional perusahaan berjalan stabil yaitu mendapatkan keuntungan. Setiap perusahaan memiliki standar tersendiri dalam mengukur keberhasilannya. Nominal keuntungan yang menjadi target tersebut adalah salah satu tujuan manajemen bidang pemasaran. Perusahaan akan berusaha menjual dengan nilai margin optimal sehingga tingkat penjualannya menjadi maksimal.

Pencitraan atau reputasi perusahaan merupakan tujuan kelima. Pencitraan perusahaan diharapkan dapat sesuai dengan ekspektasi dari hasil pemasaran tim manajemen bidang pemasaran. Produk dan layanan jasa perusahaan yang memiliki citra baik akan menimbulkan dampak positif. Dampak tersebut berpengaruh terhadap perusahaan diantaranya bagi mitra kerja, investor, dan konsumen.

Tujuan terakhir yakni untuk menjaga kelangsungan usaha. Pemasaran disebut sebagai ujung tombak setiap perusahaan agar target penjualan dapat tercapai. Selain itu, kepuasaan konsumen dapat terpenuhi dan memenuhi target keuntungan. Oleh sebab itu, kelangsungan perusahaan menjadi salah satu bagian penting dalam tujuan pelaksanaan manajemen bidang pemasaran.


Sumber: https://capjpo-europalestine.com/surgical-strike-apk/