Tujuan Ilmu Budaya Dasar Bagi Para Mahasiswa

Tujuan Ilmu Budaya Dasar Bagi Para Mahasiswa

Tujuan Ilmu Budaya Dasar Bagi Para Mahasiswa

Tujuan Ilmu Budaya Dasar Bagi Para Mahasiswa
Tujuan Ilmu Budaya Dasar Bagi Para Mahasiswa

Di dalam suatu lembaga pendidikan

terutama pendidikan bagi para mahasiswa. Mempelajari ilmu budaya dasar atau biasa disingkat dengan IBD, ini sangatlah di perlukan untuk mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, agar persepsi dan penalaran mahasiswa mengenai lingkungan budaya dapat terbentuk menjadi halus.

 

Tujuan dari IBD sebagai berikut :

  • Mengusahakan mahasiswa untuk lebih peka lagi dengan lingkungan budaya yang ada di sekitarnya, sehingga mahasiswa tersebut lebih mudah lagi untuk berinteraksi dan beradaptasi dengan hal-hal dari lingkungan yang baru ia temui.
  • Mahasiswa mendapat kesempatan untuk lebih memperkaya pandangan dan pengetahuan mengenai masalah-masalah manusia dan budaya, hingga mereka mampu untuk turut serta mengembangkan daya pikir kritisnya ke setiap persoalan-persoalan kedua hal tersebut.
  • Mengusahakan mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa di masa mendatang, serta mahasiswa tersebut nantinya ahli dan mampu dalam berbagai bidang dan tidak terbawa dengan sifat-sifat dahulu yang kedaerahan. Dan mewadahi sikap kedisiplinan.

Memberi bekal dengan berbagai macam wahana-wahana

pengkomunikasian agar para mahsiswa tersebut mampu berdialog dengan bahasa yang jelas dan lancar dalam berkomunikasi.

Tujuan dengan adanya suatu ilmu adalah

untuk mendidik manusia tersebut menjadi manusia yang lebih baik dalam segala bidang, lebih menguasai bidang, lebih maju dalam hal edukasi.

Tujuan ilmu budaya dasar bagi para pelajar atau mahasiswa adalah untuk menunjukkan identitas bangsa Indonesia yang sesungguhnya, serta mengenalkan ragam budaya lokal ke seluruh mancanegara. Dengan mengajarkan ilmu budaya dasar bangsa sejak kecil maka dapat memupukkan rasa kebudayaan yang sangat besar nantinya, serta mampu meningkatkan minat yang tinggi terhadap budaya negaranya. Sehingga kebudayaan asli negara kita tidak di akui oleh negara-negara tetangga.

Sumber : https://pendidikan.id/main/forum/diskusi-pendidikan/mata-pelajaran/11145-pengertian-pendidikan-menurut-para-ahli