TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM
TUGAS TEORI ORGANISASI UMUM

ORGANISASI

Secara sederhana, organisasi bisa diartikan sebagai suatu alat atau wadah kerjasama untuk mencapai tujuan bersama  dengan pola tertentu  yang perwujudannya memiliki kekayaan baik fisik maupun non fisik. Sehingga bisa dimungkinkan terjadinya suatu konflik dalam sebuah organisasi yang dikarenakan oleh adanya ketidakselarasan tujuan, perbedaan interpretasi fakta, ketidaksepahaman yang disebabkan oleh ekspektasi perilaku dan sebagainya.

Berikut ini pendapat para ahli arti dari Organisasi

  1. ROSENZWEIG

 Organisasi dapat dipandang sebagai :

 Sistem sosial, yaitu orang-orang dalam kelompok

 Integrasi atau kesatuan dari aktivitas-aktivitas orang-orang yang bekerja sama

Orang-orang yang berorientasi atau berpedoman pada tujuan bersama

  1. MATTHIAS AROEF

 Suatu organisasi terjadi apabila sekelompok orang bekerja bersama sama untuk mencapai tujuannya

  1. PFIFFNER dan SHERWOOD

 Organisasi sebagai suatu pola dari cara-cara dalam mana sejumlah orang yang saling berhubungan, bertemu muka, secara intim dan terkait dalam suatu tugas yang bersifat kompleks, berhubungan satu dengan yang lainnya secara sadar, menetapkan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan semula secara sistematis

  1. BAKKE

 Organisasi merupakan  sebuah sistem yang kontinue dari penggunaan, pemindahan aktivitas-aktivitas manusia yang dibebankan dan dikoordinasikan, sehingga membentuk suatu kumpulan tertentu yang terdiri dari manusia, material, kapital, gagasan, dan sumber daya alam ke dalam suatu keseluruhan pemecahan persoalan

  1. ALLEN

 Organisasi adalah suatu proses identifikasi dan pembentukan serta pengelompokan kerja, mendefinisikan dan mendelegasikan wewenang maupun tanggung jawab dan menetapkan hubungan – hubungan dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerjasama secara efektif dalam menuju tujuan yang ditetapkan.

Sebuah organisasi tidak akan bisa lepas dengan yang namanya struktur organisasi. Karena struktur organisasi adalah cara suatu aktivitas organisasi dibagi, di organisir, dan dikoordinasikan.

Menurut ERNEST DALE, sebuah struktur organisasi harus memuat tentang 5 hal sebagai berikut:

1)      Daftar pekerjaan yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi

2)      Membagi jumlah beban kerja dalam tugas-tugas atau biasa disebut pembagian kerja (devision of work)

3)      Menggabungkan tugas-tugas dalam keadaan yang logis dan efisien atau departementalisasi (departmentalization)

4)      Menetapkan mekanisme untuk koordinasi

5)      Memonitor efektivitas struktur organisasi dan melakukan penyesuaian apabila diperlukan

Unsur – Unsur Organisasi

Unsur dasar yang membentuk suatu organisasi terdiri dari :

  1. Anggota organisasi.

Yaitu, Orang-orang yang melaksanakan pekerjaan organisasi, membentuk organisasi serta terlibat dalam beberapa kegiatan primer. Orang-orang ini terlibat juga dalam kegiatan pemikiran-pemikiran yang meliputi konsep-konsep, penggunaan bahasa, pemecahan masalah, dan pembentukan gagasan. Mereka juga terlibat dalam kegiatan-kegiatan perasaan yang mencakup emosi, keinginan, dan aspek-aspek perilaku manusia lainnya yang bukan aspek intelektual. Mereka juga terlibat dalam kegiatan self-moving (mencakup kegiatan fisik). Dan mereka terlibat juga dalam kegiatan elektrokimia yang mencakup brain synaps (daerah kontak otak tempat impuls saraf ditransmisikan hanya ke satu arah).

  1. Pekerjaan dalam organisasi

Pekerjaan ini terdiri dari tugas-tugas formal dan tugas-tugas informal. Tugas-tuguas ini menghasilkan produk dan memberikan pelyanan organisasi. Pekerjaan ini ditandai oleh tiga dimensi universl ;

1)      Isi

2)      Keperluan

3)      Konteks

4)      Praktik-praktik pengelolaan

Tujuan primer pegawai manejerial adalah menyelesaikan pekerjaan melalui usaha orang lainnya. Manejer membuat keputusan mengenai bagaimana orang-orang lainnya, biasanya bawahan mereka, menggunakan sumber daya yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan mereka. Sebagian manejer membawahi para pekerja yang beroperasi dan sebagian lainnya membawahi manejer-manejer lainnya.

  • Stuktur Organisasi

 Merujuk kepada hubungan-hubungan antara tugas-tugas yang dilaksanakan oleh anggota-anggota organisasi. Struktur organisasi di tentukan oleh tiga variable kunci :

  • Kompleksitas
  • Formalisasi
  • Sentralisasi
  • Pedoman Organisasi

Adalah serangkaian pernyataan yang mempengaruhi, mengendalikan dan memberi arahan bagi anggota organisasi dalam mengambil keputusan dan tindakan. Pedoman organisasi tersiri atas : pernyataan-pernyataan seperti cita-cita, misi, tujuan, strategi, kebijakan, prosedur dan aturan.

 Secara garis besarnya  organisasi mempunyai tiga unsur yaitu :

  1. Manusia.
  2. Kerjasama.
  3. Tujuan bersama-sama.

Dari ketiga unsur tersebut saling terkait dan mempunyai satu kesatuan. dari berbagai macam teori organisasi yang di kemukakan oleh para ahli tidak ada satu pun yang memiliki kebenaran mutlak. dan antara teori organisasi yang satu dengan yang lain saling melengkapi.

 Unsur-unsur Organisasi

 Setiap bentuk organisasi akan mempunyai unsur-unsur tertentu, yang antara lain sebagai berikut:

  • Sebagai wadah atau tempat untuk bekerja sama.
  • Proses kerja sama sedikitnya antara dua orang
  • Jelas tugas dan kedudukannya masing-masing
  • Ada tujuan tertentu

Secara ringkas unsur-unsur organisasi yang paling dasar adalah :

 – Harus ada wadah atau tempatnya untuk bekerja sama.

 – Harus ada orang-orang yang bekerja sama.

 – Kedudukan dan tugas masing-masing orang harus jelas.

 – Harus ada tujuan bersama yang mau dicapai.

Sumber : https://www.dosenmatematika.co.id/