Tinjauan Umum Tentang Keluhan Pengguna Pil Kombinasi

Juli 20, 2020 by Tidak ada Komentar

Tinjauan Umum Tentang Keluhan Pengguna Pil Kombinasi

Hormon-hormon dalam pil harus cukup kuat untuk dapat mengubah proses biologik, sehingga ovulasi tidak terjadi. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika kadang-kadang timbul efek samping. Efek tersebut pada umumnya ditemukan pada pil kombinasi dengan kelebihan estrogen atau peda pil dengan kelebihan progesteron. Perlu juga diketahui behwa antara jenis-jenis progestagen terdapat perbedaan mengenai efek tambahan, yakni efek estrogenik, atau efek androgenik, atau efek metabolik.

  1. Efek Karena Kelebihan Estrogen

Efek-efek yang sering terdapat ialah, rasa mual, retensi cairan, sakit kepala, nyeri pada mamae, flour albus. Rasa mual kadang-kadang disertai muntah, diare, dan perut kembung. Retensi cairan disebabkan oleh kurangnya pengeluaran air dan natrium, dan dapat meningkatkan berat badan. Sakit kepala sebagian juga disebabkan oleh retensi cairan. Kepada penderita pemberian garam perlu dikurangi, dan dapat diberikan obat diuretik.

Kadang-kadang efek samping demikian mengganggu akseptor, sehingga ia hendak menghentikan minum pil. Dalam keadaan demikian, ia diharuskan minum pil dengan pil kombinasi yang mengandung dosis estrogen rendah, oleh karena tidak jarang efek itu berkurang dalam beberapa bulan. Akan tetapi, kadang-kadang pemakaian pil terpaksa dihentikan, dan harus dianjurkan kontrasepsi lain. Ada indikasi bahwa pemakaian pil dapat menimbulkan hipertensi pada wanita yang sebelumnya tidak menderita penyakit tersebut. Akan tetapi biasanya hipertensi tidak tinggi, mempengaruhi terutama tekanan sistolik, dan kembali kepada keadaan normal setelah pil dihentikan. Akan tetapi, pengaruh kepada mereka yang sudah menderita hipertensi lebih nyata,. Ada bukti-bukti bahwa minum pil yang cukup lama dengan dosis estrogen yang tinggi dapat menyebabkan pembesaran mioma uteri, akan tetapi biasanya pembesaran itu berhenti jika pemakaian pil dihentikan. Pemakaian pil kadang-kadang dapat menyembuhkan pertumbuhan endometrium yang berlebihan dibawah pengaruh estrogen.

Rendahnya dosis estrogen dalam pil dapat mengakibatkan spotting dan breaktrough bleeding dalam masa intermenstruum.

Pos-pos Terbaru