Teknik Membaca Skimming

Teknik Membaca Skimming

     Skimming dilakukan untuk mrlakukan pembacaan cepat secara umum dalam suatu bahan bacaan. Dalam skimming proses membaca dilakukan secara melompat-lompat dengan melihat pokok-pokok pikiran utama dalam bahan bacaan sambil memahami tema besarnya.

     Skimming dilakukan dengan cara membaca judul bab, sub bab, dan beberapa alinea pertama dalam setiap babnya. Fungsi skimming adalah mendapatkan ide utama tentang pokok bacaan, bukan detailnya. Jadi skimming dapat dikatakan berhasil jika kita bisa mendapatkan ide pokok dan bisa membayangkan apa yang dibahas dalam keseluruhan isi buku secara umum.[5]

  1. Teknik Membaca Scanning

     Scanning adalah salah satu metode membaca untuk mendapatkan sebuah informasi penting dalam sebuah buku, koran, majalah dengan cara tidak membaca yang lain melainkan langsung kepada inti permasalahan yang dibutuhkan. Usaha yang dicari itu cepat dilakukan dan cepat. Perlu diingat bahwa pengertian scanning adalah mencari informasi khusus, jadi sebelum mencari kita telah mengetahui terlebih dahulu apa yang kita butuhkan.

sumber :

https://www.disdikbud.lampungprov.go.id/projec2014/seva-mobil-bekas/