Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya

Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya

Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya

Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya
Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya

Pengertian Tahhajud

Siapapun pasti tahu apa itu shalat tahhajud? Yah, shalat tahhajud adalah shalat yang dilakukan pada malam hari setelah terbangun dari tidur. Menurut ar-rozi dalam tafsirnya tahhajud adalah merupakan kata untuk menyebut shalat malam (Tafsir Ar-Rozi 10/108).

Ada dua hal yang akan kita bahasa dalam artikel Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya, yaitu tentang dalil shalat tahhajud, hukum dan tata cara shalat tahhajud.

Dalil Shalat Tahhajud

Salah satu ayat alquran yang dijadikan sebagai dalil disunahkannya shalat tahhajud adalah surat al-isra’ : 79.
Ketika mengomentari ayat ini, Ibnu Katsir dalam tafsirnya berkata: “(ayat ini) adalah perintah kepada Nabi Muhammad agar mendirikan shalat malam.”

Hukum Shalat Tahhajud

Hukum shalat tahhajud sendiri adalah wajib bagi Nabi Muhammad SAW. Tetapi bagi umat islam, shalat tahhajud hukumnya adalah sunah. (Tafsir Ibn Katsir 5/103)
Dalil bahwa shalat tahhajud itu wajib bagi Nabi Muhmmad SAW dan sunah bagi umat islam adalah hadits yang dikeluarkan oleh Imam Thobroni dalam kitab AL-Ausat dan Imam Baihaqi dalam sunan kabir dari Aisyah Rha bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda:
“Tiga hal yang wajib atas ku dan sunah bagi kalian adalah shalat witir, siwak dan shalat malam.” (Ad-Dur Al-Mantsur 6/306 fersi Maktabah Syamilah 53 G)
Oleh karena itu, ketika menjelaskan kalimat nafilah dalam al-isro : 79, Izzuddin Bin Abdi Salam berkata:
{ نَافِلَةً لَكَ } فضيلة لك ولغيرك كفارة ، أو مكتوبة عليك مستحبة لغيرك
Artinya: {Nafilah Laka} maksudnya fadilah bagimu dan bagi selain kamu (tahhajud) adalah kafaroh atau (shalat tahhajud) wajib atas mu dan sunah bagi selain kamu.”

Tata Cara Shalat Tahhajud

Shalat tahhajud dilakukan pada malam hari setelah bangun dari tidur. Jika shalat dilakukan sebelum tidur maka disebut shalat malam. Waktu yang paling utama untuk melaksanakan shalat tahhajud adalah pada sepertiga malam akhir.
Untuk mengetahui waktu sepertiga akhir, kita harus mengetahui waktu maghrib dan subuh terlebih dahulu.
Misalnya waktu maghrib pukul 18:00 dan waktu subuh pukul 04:00, maka jarak dua waktu itu dijumlah kemudian dibagi menjadi tiga. Jadi sepuluh jam dibagi tiga 3 jam 20 menit. Maka waktu sepertiga malam pertama adalah 3 jam 20 menit dari waktu maghrib yaitu pukul 21:20. Sementara dari pukul 21:20 sampai 24:40 adalah waktu sepertiga malam kedua. Dan waktu sepertiga malam ahir adalah dari 24:40 hingga subuh.

Cara sholat tahhajud sama dengan sholat lima waktu. Hanya saja niatnya disesuaikan dengan jenis sholatnya. Adapun niat sholat tahhajud adalah “Usholli sunatan tahhajudi lillahi ta’ala”.

Demikianlah artikel Tata Cara Shalat Tahhajud Yang Benar Lengkap dengan Dalilnya. Semoga bermanfaat.

Baca juga: