Tanda-tanda Datangnya Maut

Tanda-tanda Datangnya Maut

Tanda-tanda Datangnya Maut

Tanda-tanda Datangnya Maut
Tanda-tanda Datangnya Maut

Utusan Sebelum Datangnya Kematian

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang tanda-tanda datangnya kematian. Sudah menjadi Sunnatullah bahwa setiap yang diciptakan di muka bumi ini tidak kekal oleh karena itu sebagai manusia kita harus siap menghadapi kematian dan mempersiapkan bekal untuk menuju kesana, lebih jelasnya mari kita simak berikt ini.

Diceritakan bahwa para Nabi bertanya kepada malaikat maut, ”Apakah kamu mempunyai utusan yang memberi peringatan kepada manusia agar mereka bersiap-siap menerima kedatanganmu?”
Malaikat maut menjawab, ”aku telah memberi peringatan kepada manusia dengan mengirim utusan yang sangat banyak, di antaranya:

1. Tenaga yang sudah melemah
2. Penyakit
3. Uban yang mulai tumbuh
4. Usia yang sudah tua, dan
5. Serta berubahnya pendengaran dan penglihatan

Apabila orang itu belum juga bertobat, padahal aku telah mengirim utusan-utusan yang banyak kepadanya. Maka ketika aku mencabut nyawanya, akan kukatakan kepadanya, ”Bukankah aku telah mengirimkan kepadamu setelah datang para rasul dan memberikan peringatan kepadamu setelah datang pemberi peringatan? Aku adalah utusan dan pemberi peringatan terakhir.”

Selama matahari tetap terbit dan terbenam maka malaikat maut selalu berseru. ”Wahai orang-orang yang berumur empat puluh tahun, ini saatnya bagi kalian untuk mengumpulkan bekal sebanyak-banyaknya, karena pikiran serta kekuatanmu masih kuat. Wahai orang-orang yang telah berumur lima puluh tahun, waktu menuai telah dekat. Wahai orang-orang yang telah berumur enam puluh tahun, engkau telah lupa dengan siksaan dan tidak mengindahkan panggilan maka tidak seorang pun yang akan menjadi penolongmu.”
“Dan apakah kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berpikir bagi orang yang mau berpikir dan apakah tidak datang kepadamu pemberi peringatan!’ (QS. Fathir:37)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Saw bersabda, “Allah memberikan kemudahan kepada seseorang dengan menangguhkan ajalnya hingga berumur enam puluh tahun. Kemudahan paling besar yang diberikan Allah kepada Bani Adam adalah mengutus para rasul untuk menyempurnakan agama.”
“Dan kami tidak akan mengazab sebelum kami mengutus seorang Rasul. (QS.al-Isra:15)

Diceritakan bahwa malaikat maut datang menemui Nabi Daud, dan ketika bertemu Nabi Daud bertanya, “Siapakah engkau?” Malaikat berkata, “Tidak ada seorang pembesar yang aku takuti, tidak ada satu benteng yang sanggup mencegahku dan tidak ada seorang pun yang bisa menyuapku.”
Daud kemudian berkata, “Jadi engkau adalah malaikat maut?” Malaikat maut menjawab “Benar,”
Daud kemudian berkata, “Mengapa engkau mendatangiku sedangkan aku masih belum siap.”
Malaikat maut lalu bertanya, “Di mana si fulan temanmu itu? Di mana tetanggamu si fulan?”
Daud menjawab, “Dia telah meniggal!’ Malaikat maut berkata. Mereka merupakan peringatan bagimu agar kamu siap menghadapi mati.”

Al-Amari berkata,”Demam merupakan utusan kematian, maksudnya. Mengingatkan kita tentang adanya kematian.” Ada juga yang berkata, “Kematian keluarga , sahabat, karib kerabat serta keluarga merupakan peringatan untuk kita di setiap waktu.” Usia 60 merupakan peringatan yang penghabisan, karena pada usia ini takdir Allah telah mendekati seseorang. Sudah saatnya seseorang pada usia ini menyerahkan diri sepenuhnya kepada Allah dan bersiap menerima takdir serta perjumpaan Allah.

Dua pemberi peringatan

1. Peringatan yang disampaikan oleh Nabi Muhammad Saw
2. Usia tua, yaitu yang usia telah mencapai enam puluh tahun

Allah Swt berfirman. “Dan umurnya sampai empat puluh tahun ia berdoa,”Ya Tuhanku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nkmat engkau.”(QS, al-Ahqaf:15)
Orang yang telah mencapai umur enam puluh tahun sudah waktunya untuk mulai menghitung nikmat Allah dan bersyukur kepada kedua orang tuanya. Malik berkata, “Aku melihat orang-orang berilmu yang tinggal di daerahku selalu bekerja untuk kehidupan dunia dan selalu bergaul satu sama lain, tapi apabila telah berumur empat puluh, maka mereka mengasingkan diri dari orang banyak!”

Tanda 100 hari sebelum mau meninggal

Ini adalah tanda pertama dari Allah SWT kepada hambanya dan hanya akan disadari oleh mereka yang dikehendakinya. Walau bagaimanapun semua orang islam akan mendapat tanda ini hanya saja mereka menyadari atau tidak. Tanda ini akan berlaku lazimnya selepas waktu ashar, seluruh tubuh yaitu dari ujung rambut hingga ke ujung kaki akan mengalami getaran atau seakan-akan menggigil, contohnya seperti daging sapi yang baru saja disembelih dimana jika diperhatikan dengan teliti, kita akan mendapati daging tersebut seakan-akan bergetar.
Tanda ini rasanya nikmat dan bagi mereka yang sadar dan berdetik dihati bahwa mungkin ini adalah tanda mati, , maka getaran ini akan berhenti dan hilang setelah kita sadar akan kehadiran tanda ini.
Bagi mereka yang tidak diberi kesadaran atau mereka yang hanyut dengan kenikmatan tanpa memikirkan soal kematian, tanda ini akan lenyap begitu saja tanpa memberikan manfaat…
Bagi yang sadar dengan kehadiran tanda ini, maka ini adalah peluang terbaik untuk memanfaatkan masa yang ada untuk mempersiapkan diri dengan amalan dan urusan yang akan dibawa atau ditinggalkan sesudah mati.

Tanda 40 hari sebelum hari mati

Tanda ini juga berlaku sesudah waktu ashar, bahagian pusat kita akan berdenyut-denyut pada saat ini daun yang tertulis nama kita akan gugur dari pokok yang letaknya diatas arash ALLAH SWT, maka malaikat maut akan mengambil daun tersebut dan mulai membuat persediaannya atas kita, antaranya ialah ia akan mulai mengikuti kita sepanjang masa.
Akan terjadi malaikat maut ini memperlihatkan wajahnya sepintas lalu dan jika ini terjadi, mereka yang terpilih ini akan merasakan seakan-akan bingung dan linglung seketika.
Adapun malaikat maut ini wujudnya cuma seorang tetapi kuasanya untuk mencabut nyawa adalah bersamaan dengan jumlah nyawa yang akan dicabutnya.

Tanda 7 hari

Adapun tanda ini akan diberikan hanya kepada mereka yang diuji dengan musibah kesakitan dimana orang sakit yang tidak makan, secara tiba-tiba ia berselera makan.

Tanda 3 hari

Pada saat ini akan terasa denyutan di bagian tengah dahi kita yaitu diantara dahi kanan dan kiri, jika tanda ini dapat dipahami maka berpuasalah kita selepas itu supaya perut kita tidak mengandung banyak najis dan ini akan memudahkan urusan orang yang akan memandikan kita nanti.
Saat ini juga mata hitam kita tidak akan bersinar lagi dan bagi orang yang sakit hidungnya akan perlahan-lahan jatuh dan ini dapat dipahami jika kita melihatnya dari bagian sisi telinganya akan layu dimana bagian ujungnya akan beransur-ansur masuk kedalam.
Telapak kakinya yang terlunjur akan perlahan-lahan jatuh kedepan dan sukar ditegakkan.

Tanda 1 hari

Akan berlaku sesudah ashar dimana kita akan merasakan satu denyutan di sebelah belakang yaitu di kawasan ubun-ubun dimana ini menandakan kita tidak akan sempat untuk menemui waktu ashar keesokan harinya.

Tanda akhir

Akan terjadi keadaan dimana kita akan merasakan sejuk dibagian pusat dan rasa itu akan turun kepinggang dan seterusnya akan naik kebagian Halkum. Saat ini hendaklah kita terus mengucap kalimat SAHADAT dan berdiam diri dan menantikan kedatangan malaikat maut untuk menjempu kita kembali kepada ALLAH SWT yang telah menghidupakan kita dan sekarang akan mematikan pula.

Demikianlah sekilas tanda-tanda sebelum datangnya maut, mudah-mudahan bermanfaat bagi kita semua. Amin. Orang bijak berkata, “Jika engkau ingin bahagia maka engkau harus mencarinya, karena sesungguhnya perahu itu tidak berlayar diatas daratan.”

Sumber: https://www.catatanmoeslimah.com/