Tahun Depan, Absensi Guru Dipantau Kemendikbud

Tahun Depan, Absensi Guru Dipantau Kemendikbud

Tahun Depan, Absensi Guru Dipantau Kemendikbud

Tahun Depan, Absensi Guru Dipantau Kemendikbud
Tahun Depan, Absensi Guru Dipantau Kemendikbud

Kabar menge­jutkan datang dari Kementerian Pen­didikan dan Kebudayaan

(Kemendik­bud). Rencananya mulai tahun depan Kemendikbud bersama Dinas Pendi­dikan (Disdik) daerah setempat akan memantau langsung kehadiran guru dalam mengajar di sekolah.

Seperti yang diungkapkan Sekreta­ris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Karawang, Nandang Muly­ana. Menurutnya, hal itu mengacu kepada Permendikbud Nomor 10 Tahun 2018 tetang Petunjuk Teknis Penyaluran Tunjangan Profesi, Tu­jangan Khusus dan Tambahan Peng­hasilan Guru PNS Daerah.

”Nantinya, setiap sekolah wajib me­miliki perangkat absensi elektronik yang langsung

terhubung ke Kemen­dikbud. Dengan demikian, kehadiran guru dipastikannya akan terpantau tiap hari,” kata Nandang.

Ia menjelaskan, kewajiban absensi elektronik berbasis online itu berlaku juga untuk para kepala sekolah. Ab­sensi tersebut selanjutnya akan dija­dikan dasar pertimbangan bagi Ke­mendikbud untuk kenaikan pangkat guru maupun kepala sekolah.

Nandang menuturkan, guru dan kepala sekolah yang tidak mau mengik­uti absensi elektronik itu, dianggap mangkir dari tugas. Sanksinya, tun­jangan profesi mereka tidak bisa di­cairkan. ”Jika tingkat disiplinnya buruk, mereka bahkan bisa dipecat secara tidak hormat sebagai ASN,” ucapnya.

Disisi lain, ia menambahkan, peng­adaan perangkat absensi elektronik itu harus disiapkan masing-masing

sekolah dengan menggunakan dana BOS sesuai juknis BOS Nomor 1 Tahun 2018. ”Pembelian perangkat harus dilakukan sekarang. Sebab, penilain berbasis absensi elektronik itu ber­laku efektif awal Januari 2019 nanti,” ujarnya.

Sekadar diketahui, Kemendikbud pun akan mengevaluasi kinerja peng­awas dan kepala sekolah. Dua jabatan tersebut mesti dievaluasi karena ber­peran sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan na­sional.

 

Sumber :

https://voi.co.id/