Struktur Organisasi

Agustus 7, 2020 by Tidak ada Komentar

Struktur OrganisasiStruktur Organisasi

Struktur organisasi adalah suatu sususan dan hubungan antara tiap bagian atau kegiatan oprasional dalam mencapai tujuan yang diharapakan atau di inginkan.

Sedangkan fungsi setruktur dalam sebuah organisasi adalah memberikan informasi kepada seluruh manusia yang menjadi anggotanya untuk mengetahui kegiatan atau pekerjaan yang harus dia kerjakan, berkonsultasi atau bertanggung jawab, sehungga proses kerjasama menuju tujuan organisasi dapat sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya. berikut juga kegunaan setruktur organisasi yaitu: untuk memperjelas tanggung jawab, memperjelas kedudukan, memperjelas uraian tugas dan memperjelas jalur hubungan.  Adapun terdapat beberapa macam bentuk struktur organisasi yaitu:

a      Struktur organisasi lini (garis)

Adalah suatu bentuk organisasi dimana pelimpahan wewenang langsung secara vertical dan sepenuhnya dari pemimpin ke bawahanya. Pelaporan tanggung jawab dari bawahan kepada atasanya juga dilakukan melalui gars vertical yang pendek, perintah – perintah di berikan seorang atsan saja dan pelaporan tanggung jawab kepada atasan yang bersangkutan Organisasi ini di ciptakan oleh Hendri Fayol, dan biasanya dipakai dalam organisasi kecil saja.

b      Struktur organisasi fungsional

Organisasi fungsional adalah organisasi berdasarkan sifat dan macam pekerjaan yang haarus dilakukan. Pada struktur ini masalah pembagian kerja mendapat perhatian yang sungguh – sungguh.  Pembagian kerja berdasarkan spesialis yang sangat mendalam dan setiap pejabat hanya mengerjakan suatu tugas atau pekerjaan sesuai bidangnya. Struktur ini di ciptakan oleh F.W. Taylor.

c      Struktur organisasi garis dan staf

Staf adalah seseorang peegang wewenang lini, sementara staff adalah seseorang pemegang wewenang staff. Struktur organisasi ini merupakan struktur organisasi gabungan yang di kembangkan oleh Harrington Emerson. Struktur ini umumnya digunakan oleh organisasi yang besar daerah kerja luas, bidang tugas yang beraneka ragam dan jumlah bawahan yang banyak sehingga pimpinan tidak bisa bekerja sendiri, melaikan memerlukan bantuan staf . staf adalah orang yang ahli ddalam bidang tertentu yang bertugas memberikan nasehat dan saran kepada pimpinan dalam organisasi tersebut

Sumber :

https://butikjersey.co.id/