Sistem Kesehatan Nasional

Juni 8, 2020 by Tidak ada Komentar

Sistem Kesehatan Nasional

Sistem Kesehatan Nasional atau SKN adalah bentuk dan cara penyelenggaraan pembangunan kesehatan yang memadukan berbagai upaya bangsa Indonesia dalam satu derap langkah guna menjamin tercapainya tujuan pembangunan kesehatan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan rakyat sebagaimana dalam UUD 1945. Sistem kesehatan nasional disusun dengan memperhatikan pendekatan revitalisasi pelayanan kesehatan dasar yang meliputi:

  1. Cakupan pelayanan kesehatan yang adil dan merata
  2. Pemberian pelayanan kesehatan yang berpihak pada rakyat
  3. Kebijakan pembangunan kesehatan
  4. Kepemimpinan disusun dengan memperhatikan inovasi dalam penyelenggaraan pembangunan kesehatan secara luas termasuk penguatan sistem rujukan

2.2   Subsistem Upaya Kesehatan.

2.2.1   Pengertian Subsistem Upaya Kesehatan.

Subsistem upaya kesehatan adalah tatanan yang menghimpun berbagai upaya kesehatan masyarakat, upaya kesehatan perorangan, dan upaya kesehatan kegawat-daruratan secara terpadu dan saling mendukung guna menjamin tercapainya derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

2.2.2   Tujuan Subsistem Upaya Kesehatan.

Tujuan subsistem upaya kesehatan adalah untuk terselenggaranya upaya kesehatan yang merata, bermutu, dan terjangkau secara berkesinambungan guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

2.2.3        Unsur-Unsur Subsistem Upaya Kesehatan.

Subsistem upaya kesehatan terdiri atas tiga unsur utama yaitu:

  1. Upaya Kesehatan Masyarakat adalah setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat serta dunia usaha untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan serta mencegah dan menanggulangi timbulnya masalah kesehatan di masyarakat. Upaya ini mencakup:

ü  Promosi kesehatan masyarakat,

ü  Pemeliharaan kesehatan masyarakat,

ü  Pemberantasan penyakit menular dan kejiwaan,

ü  Pengendalian penyakit tidak menular,

ü  Penyehatan lingkungan dan penyediaan sanitasi dasar,

ü  Perbaikan gizi masyarakat,

ü  Pengamanan sediaan farmasi dan alat-alat kesehatan,

ü  Pengamanan penggunaan zat-zat adiktif,

ü  Pengamanan narkotika, psikotropika, dan bahan berbahaya lainnya,

ü  Penanggulangan bencana,

ü  Bantuan kemanusiaan.

  1. Upaya Kesehatan Perseorangan yaitu kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat serta dunia usaha untuk menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan per individu. UKP mencakup:

ü  Pelayanan rawat jalan,

ü  Pengobatan rawat inap,

ü  Pemberantasan dan pemulihan kecacatan.

  1. Usaha Kesehatan Kegawat-daruratan adalah setiap kegiatan yang dilakukan oleh pemerintah dan atau masyarakat serta dunia usaha untuk penanganan semua kegawat-daruratan secara terpadu dengan melibatkan berbagai disiplin, dan profesi.

sumber :

https://erdf-masters-kart.com/truck-simulator-usa-apk/