Sistem E-Commerce

Sistem E-Commerce

E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).

Ø Pembagian E-Bisnis

E-BUSINESS dibagi menjadi 4 bagian :

  1. Customer Relationship Management (CRM) : sistem kustomisasi real time yang memanajemen kustomer dan melakukan personalisasi produk dan servis berdasarkan keinginan customer atau menyangkut hubungan antaraØ perusahaan dengan konsumen yang meliputi : Sales, pemasaran, data-data penjualan dan pelayanan,  anggapan dari konsumen.
  1. Enterprise Resource Planning (ERP) : sistem informasi pendukung e-business, yang menyediakan berbagai macam kebutuhan perusahaan seperti supply chain, CRM, marketing, warehouse, shipping, dan payment, serta mampu melakukan otomatisasi proses bisnis atau  menyangkut hubungan dalam-internal perusahaan tersebut, yang meliputi : Production planning, integrated logistics, Accounting and Finance, Human Resource, Sales and distribution, order management.
  1. Enterprise Aplication Program (EAI) : merupakan konsep integrasi berbagai proses bisnis dengan memperbolehkan mereka saling bertukar data berbasis message. EAI berfungsi sebagai penghubung ERP dengan SCM atau ERP dengan CRM.
  1. Supply Chain Management (SCM) : manajemen rantai supply secara otomatis terkomputerisasi. SCM menyangkut hubungan antara perusahaan dengan supplier.

Ø Categories of e-Commerce

o   Business-To-Consumer (B2C) e-Commerce

o   Consumer-To-Consumer (C2C) e-Commerce – online auctions, online advertising of  personal products and services

o   Business-To-Business e-Commerce – most of e-Commerce is here

o   Business-To-Government (B2G) e-Commerce

Ø Essential E-Commerce Process

  1. Access Control and Security: akses yang aman antar pihak untuk menjamin kepercayaan
  2. Profiling and Personalizing: proses mengumpulkan data dan perilaku  pelanggan untuk menyediakan layanan  pribadi
  3. Search Management: menyediakan  prose pencarian yang efektif dan efisien
  4. Content and Catalog Management : membantu perusahaan e-commerce mengembangkan, menghasilkan, menyampaikan, dan arsip teks dan data multimedia
  5. Workflow Management : memastikan ketepatan transaksi, berlangsungnya keputusan dan aktivitas kerja, serta memastikan dokumen didistribusikan dengan benar
  6. Event Notification: memantau semua proses e-commerce dan merekam semua kejadian yang relevan
  7. Collaboration and Trading : kategori utama e-commerce; proses terdiri dari kolaborasi dan perdagangan jasa yang dibutuhkan oleh berbagai pemangku kepentingan.

sumber :

https://1up-mushroom.net/high-school-story-apk/