Rotasi, Revolusi dan Gravitasi Bumi

Juli 16, 2020 by Tidak ada Komentar

Rotasi, Revolusi dan Gravitasi Bumi

  1. Rotasi Bumi

Pengertian rotasi bumi adalah gerakan planet Bumi berputar pada sumbuhnya. Sekali putar, butuh waktu 24 jam. Dengan adanya rotasi Bumi, maka Matahari terbit di sebelah timur dan terbenam di sebelah barat, sehingga ada waktu siang dan waktu malam yang silih berganti. Ada pembiasaan arah angin dan arus laut (hukum Buys Ballot), Bumi bentuknya bulat, serta ada perbedaan waktu antara tempat-tempat yang berbeda garis bujurnya.

Anehnya kita yang hidup di Bumi ini, tidak merasakan bahwa Bumi ini berputar pada sumbunya. Malah menurut penglihatan mata kita yang berputar itu Matahari.

  1. Revolusi Bumi

Pengertian revolusi Bumi adalah gerakan planet Bumi mengelilingi/mengitari Matahari. Waktu yang dibutuhkan dalam sekali putar revolusi adalah 1 tahun = 365,25 hari.

Akibat adanya revolusi Bumi, maka terjadi empat musim (panas, dingin, semi, dan gugur) pada wilayah yang terletak di sebelah uatara garis balik Utara dan di sebelah selatan garis balik Selatan, ada perbedaan lamanya siang dan malam, rasi bintang yang berbeda setiap bulan.

  1. Gravitasi Bumi

Gravitasi Bumi adalah gaya berat Bumi. Akibat adanya gravitasi Bumi, materi di Bumi memiliki bobot atau berat yang mana makin ke arah kutub, bobot/berat suatu materi makin besar.

Benda yang jatuh ke Bumi sampai abad ke-17 cenderung dianggap sebagai sifat hakiki dari benda itu sendiri. Isaac Newton tidak setuju dengan pendapat tersebut. Menurut Newton berat benda harus dianggap sebagai gaya tarik yang terjadi antara Bumi dan benda itu. Newton membendingkan gerakan buah apel yang jatuh dari pohonnya denga Bulan yang mengelilingi Matahari. Apel jatuh dari pohonnya karena adanya gaya tarik Bumi atau gravitasi. Hal ini disebabkan buah apel tidak memiliki kecepatan tangensial relatif terhadap Bumi, maka buah apel jatuh ke tanah. Tetapi berbeda dengan Bulan, Bulan memiliki kecepatan tangensial yang seharusnya membuat Bulan menjahui Bumi. Gaya tarik yang bekerja antara Bulan dan Bumi mencegah hal tersebut terjadi. Jarak Bulan dan Bumi, kecepatan tangensial relatif Bulan terhadap Bumi dan gaya tarik Bulan dan Bumi, membuat Bulan mengelilingi Bumi pada lintasannya. Newton menyimpulkan gaya tarik yang bekerja tersebut adalah gravitasi (Anonnim, 2006).

 

Sumber :

https://mlwcards.com/facebook-beri-tahu-pengguna-saat-foto-mereka-muncul/