Recover Files 2.02

Desember 5, 2019 by Tidak ada Komentar

Recover Files 2.02

Recover Files 2.02

Recover Files 2.02

Satu lagi tool freeware yang akan kita bahas adalah Recovery Files versi 2.02. Tool ini bisa anda gunakan untuk mengembalikan file-file yang pernah terhapus dari hardisk atau media storage seperti Flash Disk. Tampilan tool ini begitu sederhana tetapi proses pencarian bisa digunakan dengan cepat. Kelebihan yang dimiliki tool ini adalah memisahkan file yang terhapus berdasarkan kategori filenya, seperti Microsoft Word, JPEG, PSD, EXE, dan tentunya ekstensi file yang lain pernah terhapus.

Recover File bisa anda download melalui situs http://www.UndeleteUnerase.com. Freeware ini dibuat dua tipe yaitu versi instal (harus diinstal terlebih dahulu). Kali ini kebetulan yang akan kita bahas adalah versi stand alone atau portable, untuk menjalankan tinggal klik dua kali saja pada aplikasi ini.

Beriku ini langkah-langkah menggunakan Recovery Files:

  1. Jika sudah di-download, klik dua kali pada tool ini
  2. Anda pilih atau klik drive mana tempat file yang anda miliki tersebut terhapus. Misalkan saja anda memilih drive E.
  3. Jika sudah klik Analyze
  4. Proses pencarian ditandai dengan berjalannya indikator yang berwarna hijau. Jika anda hendak membatalkan, klik saja Stop.
  5. Jika sudah selesai, maka akan tampil semua file yang pernah terhapus berdasarkan kategorinya masing-masing.
  6. Apabila anda tidak suka dengan tampilan Type file, maka anda bisa mengklik tampilan lain pada bagian bawah. Misalnya saja anda menginginkan tampilan folder, maka klik tombol Folders.
  7. Untuk menyimpan file yang telah berhasil di-recover, ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mengklik ikon Undelete dan dengan klik kanan lalu pilih Undelete. Namun sebelumnya anda beri tanda ceklis pada file yang dimaksud.
  8. Akan tampil kotak dialog Recover File-Undelete. Anda juga bisa menentukan sendiri lokasi penyimpanan file dengan mengklik ikon.
  9. Klik Ok jika sudah.

10.  Jika sukses, maka tampil konfirmasi.

11.  Klik Ok.

Sekarang anda bisa cek file yang tadi di-recovery dan disimpan ulang .

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika menggunakan tool ini, seperti adanya keterangan status file yaitu Good, Very Good, Bad, Overwritten. Berikut perbedaannya:

  • Good (ditandai dengan warna biru): kualitas file ini cukup baik untuk diselamatkan.
  • Very Good (ditandai dengan warna hijau): kualitas file ini sangat baik, hamper 95% file selamat seperti kondisi sempurna.
  • Bad (ditandai dengan warna kuning): kualitas file ini sangat buruk, kalau diselamatkan juga filenya tidak bisa ditampilkan dengan baik, seperti misalkan kita tidak bisa preview pada gambar.
  • Overwritten (ditandai dengan warna merah): file ini kualitasnya buruk, tidak bisa lagi diselamatkan.

Baca Juga :