Rancangan dan Langkah Membuat Situs WEB

Rancangan dan Langkah Membuat Situs WEB

Rancangan dan Langkah Membuat Situs WEB

Rancangan dan Langkah Membuat Situs WEB
Rancangan dan Langkah Membuat Situs WEB

Dalam membuat sebuah website ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan sebelum Anda memulainya.

Ajukan sebuah pertanyaan kepada diri Anda sendiri yaitu “Apa tujuan Saya membuat website?” dengan menjawab pertanyaan tersebut dapat mengarahkan pikiran Anda untuk menentukan dan menjawab pertanyaan selanjutnya yaitu, “Website seperti apa yang akan saya buat untuk mencapai tujuan tersebut dan bagaimana cara membuat websitenya.”

Mengapa dimulai dengan mengajukan pertanyaan tersebut?

Karena diharapkan nantinya website yang kita buat sesuai dengan yang kita inginkan dan bisa membawa kita mencapai tujuan yang kita inginkan dalam membuat website. Jangan sampai website sudah selesai Anda buat tetapi website yang Anda buat tidak sesuai dan tidak bisa menjadi media atau sarana untuk mencapai tujuan Anda.

Perlu Anda ketahui, jenis website itu bermacam-macam, ada yang hanya satu halaman sederhana saja seperti website ini, ada yang memuat beberapa halaman seperti website perusahaan, ada yang menggunakan sistem blog dan sering disebut juga blog atau weblog (website blog), ada yang menggunakan sistem CMS (Content Management System) seperti joomla, ada yang berupa forum diskusi, ada yang berupa website iklan baris, ada yang berupa website toko online dan ada yang lebih kompleks lagi seperti website komunitas friendster.

Anda perlu memulainya dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sebelum Anda membuat website

Sehingga nanti Anda bisa memutuskan website seperti apa yang paling cocok dan sesuai untuk mencapai tujuan Anda. Karena masing-masing jenis website yang saya sampaikan diatas memiliki fungsi yang berbeda-beda.

aplikasi video call acak terbaik seluruh dunia – Contoh bila Anda ingin menjual berbagai macam produk, Anda membuat website toko online; bila Anda ingin menjual satu jenis produk saja bisa dengan satu halaman sederhana saja atau lengkap dengan menggunakan sistem pemesanannya; bila Anda ingin membuat website portal Anda bisa menggunakan Joomla; bila Anda ingin membangun branding dan mempublikasikan artikel bisa menggunakan blog; dan lain-lainnya.

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan untuk memiliki situs web sebagai berikut :

  1. Buat file web menggunakan Frontpage atau web editor lainnya. Simpan file halaman depan atau halaman utama dengan nama “index.htm” atau “index.html”. Hubungkan file-file web, file gambar, dll. dengan menggunakan fasilitas hyperlink di web editor yang anda gunakan.
  2. Pilih domain gratis di www.co.cc lalu setup maksimal dalam 48 jam dengan mengubah name server sesuai web hosting yang anda gunakan. Untuk freehostia, gunakan name server : dns1.freehostia.com dan dns2.freehostia.com. Jika menggunakan AwardSpace, kode name server akan anda dapatkan melalui email, misalnya ns5.awardspace.com dan ns6.awardspace.com

Biasanya domain premium akan dikenakan harga $3. Domain premium biasanya domain yang berbahasa Inggris dan terdiri dari 1 suku kata saja. Kalo mau yang gratis, sebaiknya pilih domain berbahasa Indonesia dan terdiri dari 2 atau 3 suku kata seperti website saya ini bikin-web-gratis (3 suku kata).

Anda juga bisa menggunakan domain gratis lainnya dengan ekstensi co.tv. Silahkan cek domain co.tv yang masih tersedia gratis dan segera klaim sebelum didahului orang lain melalui fasilitas pencarian berikut ini :

  1. Buat account di webhosting gratisan di www.freehostia.com atau AwardSpace lalu add-on domain yang sudah dipilih tersebut.
  2. Upload file web dan file pendukung ke server freehostia/awardspace.
  3. Jika semuanya berjalan dengan baik maka seharusnya anda sudah bisa melihat website anda setelah melalui proses di atas.