Proses Perencanaan

Proses Perencanaan

Proses Perencanaan

Proses perencanaan atau planning adalah adalah bagian daur kegiatan manajemen yang terutama berhubungan dengan pengambilan keputusan (decision making) untuk masa depan, baik jangka panjang maupun jangka pendek, sehubungan dengan pokok pertanyaan. Sebelum para manajer dapat mengorganisasi, memimpin, atau, menegndalikan, terlebih dahulu mereka harus membuat rencana yang memberikan arah pada setiap kegiatan organisasi. Pada tahap perencanaan manager menentukan Apa yang akan dikerjakan, Kapanakan dikerjakan, Siapa yang akan mengerjakan dan Bagaimanamengerjakannya. Jadi perencanaan yaitu, “proses dasar yang digunakan untuk memilih tujuan dan menentukan cakupan pencapaiannya”.

  1. Prakiraan (forecasting)

Prakiraan merupakan suatu usaha untuk meramalkan atau memperkirakan waktu yang akan datang dengan penarikan kesimpulan atas fakta yang telah diketahui.

  1. Penetapan Tujuan (estabilisting objective)

Penetapan tujuan merupakan suatu aktivitas untuk menetapkan suatu aktifitas untuk menetapakan sesuatu yang ingin dicapai melalui pelaksanaan pekerjaan.

  1. Pemrograman (programming)

Program adalah suatu aktuvitas yang dilakukan dengan maksud untuk menetapkan langkah-langkah utama yang diperlukan untuk mencapai suatu tujuan dan anggota yang bertanggung jawab untuk setiap langkah serta pengaturan waktu setiap langkah.

  1. Penjadwalan (scheduling)

Penjadwalan adalah penetapan atau penunjukan waktu menurut kronologi tertentu guna melaksanakan berbagai macam pekerjaan.

  1. Penganggaran (budgeting)

Penganggaran merupakan suatu aktifitas untuk membuat pernyataan tentang sumber daya keuangan (financial recources) yang disediakan untuk aktifitas dan waktu tertentu.

  1. Pengembangan prosedur (devoloping procedure)

Pengembangan prosedur merupakan suatu aktivitas menormalisasikan cara, teknik, dan metode pelaksanaan suatu pekerjaan.

Menurut Manullang proses perencanan untuk membuat suatu rencana ada beberapa tindakan yang harus dilalui yaitu menetapkan tugas dan tujuan, mengobservasi dan menganalisa, mengadakan kemungkinan-kemungkinan, membuat sintesa, dan menyusun rencana.


Sumber: https://rajasatour.id/steampunk-syndicate-2-apk/