Pohon Perepat (Combretorcarpus rotundatus)

Juli 22, 2020 by Tidak ada Komentar

Pohon Perepat (Combretorcarpus rotundatus)Pohon Perepat (Combretorcarpus rotundatus)

Pohon eerepat (Combretorcarpus rotundatus) merupakan salah satu jenis pohon yang hidup di lahan gambut. Selain itu, pohon ini juga dikenal dengan nama pohon tumih. Pohon perepat termasuk dalam jenis tumbuhan edemik Kalimantan.
Taksonomi dari pohon perepat adalah sebagai berikut:
Kingdom : Plantae
Devisi : Spermatophyta
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Anisophylleales
Famili : Anisophylleaceae
Genus : Combretorcarpus
Spesies : Combretorcarpus rotundatus (Miq.) Danser
Pohon perepat memiliki ukuran yang besar an dapat tumbuh dengan mencapai ketinggian 20-30 meter dengan diameter 50-80 cm (Panda, et al., 2013). Pohon perepat memiliki daun yang tersusun secara berseling (daun majemuk menyirip) dengan bentuk pada bagian pangkal mengerucut dan pada bagian ujung membulat. Bunga dari pohon ini berwarna kuning dengan buah mengandung satu pucuk yang memiliki bentuk seperti kumparan (Viantri, 2011). Pohon perepat memiliki permukaan kulit batang tidak beraturan berwarna coklat terang sampai coklat keabu-abuan. Jenis pohon ini memiliki akar nafas.

9. Pohon Pulai Rawa (Alstonia pneumatophora)

Pohon pulai rawa adalah salah satu jenis pohon yang hidup secara alami di daerah tropika dan memiliki penyebaran yang luas di berbagai nusantara (Heyne, 1987).
Taksonomi dari jenis pohon pulai rawa ini menurut Syamsuhidayat & Hutapea (1991) adalah sebagai berikut:
Divisi : Spermatophyta
Sub Divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledoneae
Ordo : Apocynales
Famili : Apocynaceae
Genus : Alstonia
Spesies : Alstonia pneumatophora 
Pohon Alstonia pneumatophora dapat hidup dan tumbuh sampai memiliki tinggi sekitar 40-45 metera dengan diameter maksimalnya sekitar 100 cm. Daun pohon ini memiliki bentuk elips-obovate yang terletak pada satu rangkaian dengan jumlah 3 sampai 8 lembar (Corner, 1940). Pohon ini memiliki bentuk batang lurus dan ramping dengan bagian atas bulat melingkar sedangkan bagian bawahnya memiliki sudut. Alstonia pneumatophora memiliki kulit berwarna kelabu sampai kuning dan tidak mengelupas. Selain itu, pohon ini mengandung cairan getah berwarna putih dan akar napas yang berukuran besar (Heyne, 1987).