Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet 

Juli 17, 2020 by Tidak ada Komentar

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet 

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Internet dapat diakses memakai dua sarana pokok, yaitu komputer dan perangkat nonkomputer. Perangkat nonkomputer misalnya telepon seluler dan Personal Digital Assistant (PDA).

Komputer maupun perangkat nonkomputer dapat dipakai untuk mengakses jika memenuhi syarat tertentu. Misalnya komputer harus memiliki modem, jaringan komputer, dan beberapa alat pendukung yang lain.

Perangkat Keras Untuk Mengakses Internet

Sarana dan alat pendukung pengakses internet yang diperlukan bergantung pada cara kalian mengakses internet. Misalnya, jika kalian memakai komputer dengan sarana wifi, tentu kalian tidak lagi memerlukan kabel ethernet atau kabel jaringan.

1. Mengakses memakai jaringan LAN (Local Area Network). Cara ini banyak dipakai di warung internet dan perkantoran.

2. Mengakses memakai laptop dengan sarana wifi. Cara ini marak dipakai di kafe, mal, kompleks pemerintahan, dan kampus. Tempat- tempat yang dapat dipakai untuk mengakses internet dengan wifi biasa diberi keterangan hotspot area.

3. Mengakses memakai metode dial up. Dial up berarti memanggil ke nomor tertentu untuk memperoleh koneksi internet. Dengan metode ini kalian dapat mengakses internet memakain komputer pribadi yang telah dilengkapi modem. kalian dapat memakai berbagai jenis modem, misalnya modem USB, Asymmetric Digital Subsciber Line (ADSL), dan modem berupa telepon seluler.

4. Mengakses memakai telepon seluler. Selain dipakai sebagai sarana komunikasi dan modem, sekarang banyak beredar telepon seluler yang dapat dipakai untuk mengakses internet.
Pada uraian berikut, kalian dapat menyimak lebih jauh aneka sarana yang diperlukan agar kalian dapat mengakses internet

1. Peralatan Pokok

Peralatan pokok adalah peralatan minimal yang harus kalian sediakan. Apa saja alat-alat ini? Simak dan temukan jawabannya dalam uraian berikut

a. Komputer

Seperti yang telah kalian kenal, komputer adalah alat serbaguna yang banyak membantu kehidupan manusia. Selain dipakai untuk mengerjakan tugas sekolah, kalian dapat memakai komputer untuk mengakses internet. Komputer yang kalian perlukan tidak harus mewah.
Sebagai contoh, kalian dapat memakai komputer dengan spesifikasi berikut.
1) Procesor minimal Pentium III, 500 MHz.
2) Random Access Memory (RAM) minimal 64 MB.
3) Hard disk minimal 10 GB
4) VGA Card minimal 4 MB.

Laptop tertentu (terutama model keluaran baru) biasa dibekali sarana pengakses internet. Sarana berupa modem ini disebut internal wifi.

Dengan laptop yang dilengkapi wifi ini kalian dapat mengakses internet di kafe, mal, kampus, lokasi peme- rintahan, dan tempat lain yang berlabel hotspot.

b. Kartu Jaringan

Sarana ini dipakai jika kalian mengakses komputer yang terhubung dengan Local Area Network (LAN). Cara pengaksesan ini banyak dilakukan di kantor, gedung pemerintah, dan warnet (warung internet). Kartu jaringan (Network Interface Card/NIC) dipakai sebagai jembatan penghubung komputer ke jaringan. kalian dapat menjumpai dua jenis NIC yaitu NIC yang bersifat fisik dan NIC yang bersifat logis.

NIC yang bersifat fisik misalnya NIC Ethernet dan Token Ring. NIC yang bersifat logis misalnya loopback adapter dan Dial up Adapter.
Setiap NIC memiliki nomor alamat yang disebut sebagai MAC Address. kalian dapat memilih MAC Address yang bersifat statis (tidak dapat diubah) atau nonstatis (dapat kalian ubah).

NIC fisik umumnya berupa kartu yang dapat ditancapkan ke dalam slot pada motherboard komputer. Bagian ini dapat berupa kartu dengan bus ISA, bus PCI, bus EISA, bus MCA, atau bus PCI Express.
Selain berupa kartu yang ditancapkan ke dalam slot motherboard, NIC fisik juga dapat berupa kartu eksternal. NIC jenis ini dapat berupa kartu dengan bus USB, PCMCIA, bus serial, bus paralel atau Express Card.

4. Wifi

Seperti yang telah disebutkan, laptop jenis tertentu dilengkapi wifi. Dengan wifi, laptop dapat dipakai untuk mengakses internet di area hotspot. Sebagian besar peralatan wifi bekerja pada frekuensi 2,4 GHz (gigahertz) hingga 5,8 GHz. Kecepatan akses internet memakai wifi bahkan mampu menembus angka 54 Mbps.

5) Modem Kabel

Modem kabel dipakai untuk menghubungkan komputer dan tv kabel. Jaringan tv kabel ini juga dapat dipakai untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet. Bahkan menurut penelitian, kecepatan akses internet yang tersambung memakai modem kabel lebih tinggi dibanding internet yang tersambung memakai modem dial up.

Sumber: https://gameboxx.me/