Peranan Penduduk dalam Pembangunan Ekonomi

Peranan Penduduk Dalam Pembangunan Ekonomi

Peranan Penduduk  dalam Pembangunan Ekonomi

Peranan Penduduk Dalam Pembangunan Ekonomi

Ada 4 aspek penduduk yang perlu diperhatikan negara-negara sedang berkembang,yaitu:

  1. Ø  Adanya tingkat perkembangan penduduk yang relatif tinggi
  2. Ø  Adanya struktur umum yang favorable
  3. Ø  Tidak adanya distribusi penduduk yang merata
  4. Ø  Tidak adanya tenaga kerja yang terlatih dan terdidik

 

Tingkat Perkembangan Penduduk yang Tinggi

Tidak selamanya pertumbuhan penduduk yang cepat memberikan dampak yang negatif terhadap perkembangan ekonomi dalam suatu negara. Kaum klasik mengemukakan bahwa pertumbuhan penduduk yang cepat pada suatu negara yang maju, akan memberikan dampak positif. Dengan bertambahnya penduduk maka daya beli masyarakat semakin meningkat. Hal ini dikarenakan dalam negara maju, tingkat tabungan yang dimiliki mampu mengimbangi laju pertumbuhan penduduk, sehingga dengan penduduk yang banyak justru meningkatkan purchasing power.

Permintaan akan meningkat seiring bertambahnya penduduk

Penawaranpun akan bertambah pula karena semakin banyak kebutuhan penduduknya yang harus dipenuhi. Efek yang lain, dengan semakin banyaknya penduduk yang berkualitas, maka sektor tenaga kerja ahli mudah didapat. Apalagi di negara maju ditunjang oleh banyak faktor. Hal ini sesuai dengan pendapat Keynes, bahwa dalam negara maju meningkatnya produktivitas tenaga kerja dan permintaan tenaga kerja akan selalu mengiringi kenaikan jumlah penduduk. Pertumbuhan penduduk di negara berkembang umumnya memberikan efek yang negatif, karena pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan kualitas dan produktivitas manusianya tersebut.

Sebagaimana dijelaskan oleh Kaum Klasik bahwa selalu ada perlombaan antara tingkat perkembangan output dengan tingkat perkembangan penduduk yang akhirnya akan dimenangkan oleh perkembangan penduduk. Hal itu terjadi karena penduduk juga berfungsi sebagai tenaga kerja, sehingga biasanya sering terdapat kesulitan dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Kalau misalnya penduduk tersebut dapat mendapatkan pekerjaan, maka akan dapat meningkatkan kesejahteraan bangsanya, namun apabila tidak,mereka akan menjelma menjadi pengangguran yang hanya akan meningkatkan angka ketergantungan dan otomatis menurunkan tingkat kesejahteraan suatu negara. Produktivitas penduduk di negara berkembang relatif rendah sehingga mengakibatkan rendahnya produksi.Hal itu dikarenakan sebagian besar penduduk di negara berkembang berasal dari sektor agraris, sehingga hasil dari produksinya biasanya hanya habis untuk dikonsumsi sendiri.Bahkan untuk konsumsi sendiri saja masih kurang, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan tentang menabung (saving) apalagi investasi.

Isu Kependudukan

Di negara berkembang, masalah kependudukan merupakan masalah yang sulit untuk diatasi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan penduduk tidak diimbangi dengan tingkat tabungan yang cukup. Apalagi jika kualitas penduduk itu sendiri tidak cukup bagus setidaknya untuk memproduksi atau memenuhi kebutuhannya sendiri. Dia akan menjadi pengangguran yang tentunya akan mengurangi tingkat kesejahteraan. Oleh karena itu, di negara berkembang dibutuhkan suntikan investasi untuk mengembangkan perekonomian.

Trend Fertilitas dan Mortalitas

Pada umumnya tingkat kelahiran yang tinggi dihubungkan dengan kemiskinannasional. Namun adalah keliru bila kita menyiimpulkan bahwa berhubung angka kelahiran yang tinggi pada umumnya terdapat di negara miskin. Sedangkan angka kelahiran rendah terdapat di negara maju. Maka dengan meningkatkan pendapatan per kapita lalu tingkat kelahiran akan menurun. Juga tidak ada kepastian hubungan antara laju pertumbuhanpendapatan nasional per kapita dengan tingkat kelahiran. Namun jelas ada bukti bahwa ada hubungan positif antara distribusi pendapatan dengan tingkat kelahiran. Akhirnya kita dapat menyimpulkan bahwa negara-negara yang berjuang untuk mengurangi tidak meratanya penghasilan atau dengan kata lain berusaha menyebarkan hasil (benefit) dari pembangunan ekonomi ke sebagian besar penduduk akan mungkin sekali mampu menurunkan tingkat kelahiran daripada negar-negara yang kurang memperhatikan pemerataan hasil pembangunan ekonominya.

Pertumbuhan Penduduk dan Kebutuhan Investasi

Untuk meningkatkan output, tambahan investasi harus cukup besar sehingga dapat meningkatkan penghasilan riil per kapita. Tetapi kesulitan dalam hal ini sering dialami oleh negara berkembang, sesuai dengan Teori Perangkap pada Keseimbangan Pendapatan yang Rendah Malthus. Kesimpulannya untuk dapat mempertinggi penghasilan per kapitanya negara berkembang memerlukan kebijakan dorongan yang besar. Atau perekonomian harus memenuhi apa yang disebut ³usaha minimum yang sangat perlu´. Pembangunan yang secara sedikit demi sedikit pun bisa dilakukan asal dengan memilih sektor yang yang mempunyai kapasitas berkembang yang cepat.

 

Artikel terkait ;