PENGERTIAN SISTEM EKONOMI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SISTEM EKONOMI MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN SISTEM EKONOMI MENURUT PARA AHLI

Sistem ekonomi adalah cara yang dipakai oleh suatu negara untuk menghadapi atau menyelesaikan masalah dalam bidang ekonomi di negara tersebut. Setiap negara mempunyai sistem ekonomi yang berbeda- beda, tergantung dengan situasi dan kondisi yang sedang terjadi di negaranya. Lalu, apa saja macam- macam sistem ekonomi yang ada di dunia ini?

Setiap negara di dunia menggunakan sistem yang paling sesuai dengan kondisi negaranya, baik secara politik, ekonomi, ideology dan keadaan alam. Seperti di negara kita, sistem perekonomian Indonesia menggunakan sistem campuran yaitu sistem ekonomi pancasila. Sistem perekonomian di Indonesia belum tentu dapat diterapkan di negara lain dan begitupun sebaliknya.

GILARSO

Sistem ekonomi yaitu keseluruhan tata cara untuk mengoordinasikan perilaku masyarakat, baik para produsen, konsumen, bank, pemerintah dan sebagainya dalam menjalankan kegiatan ekonomi untuk produksi, konsumsi, distribusi, inestasi dan sebagainya. Sehingga dapat terbentuk satu kesatuan yang teratur dan dinamis untuk menghindari kekacauan dalam bidang ekonomi.

• MCEACERN

Sistem ekonomi merupakan seperangkat mekanisme dan institute untuk menjawab pertanyaan apa, bagaimana dan untuk siapa barang dan jasa distribusi atau sering disebut what, how and for whom.

• GREGORY GROSSMAN DAN M. MANU

Sistem di dalam ekonomi merupakan sekumpulan- sekumpulan unsur- unsur atau komponen- komponen yang terdiri dari untit- unit ekonomi dan lembaga- lembaga ekonomi yang bukan hanya saling berhubungan dan berinteraksi namun juga untuk saling menopang dan mempengaruhi.


Baca Juga :