Pengertian Sakit Gigi

Juli 5, 2020 by Tidak ada Komentar

Pengertian Sakit Gigi

Gigi adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena fungsinya yang vital untuk membantu kita saat mengkonsumsi makanan, supaya dalam proses pencernaan menjadi lebih mudah. Nah bila gigi kita sakit, maka proses mengunyah makanan menjadi terganggu, tentu hal ini sangat tidak nyaman.

Didalam gigi, terdapat pulpa gigi yang mana didalamnya terdapat banyak sekali syaraf, jaringan dan juga pembuluh darah. Saraf-saraf yang sensitif pada gigi ini akan mengalami lonjakan saat terjadi peradangan pada pulpa. Jadi sakit gigi adalah terjadinya peradangan pada pulpa gigi. Lalu kira-kira apa saja penyebab sakit gigi?

7 Penyebab Utama Sakit Gigi dan Cara Mencegahnya

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, baik pria, wanita, anak kecil, orang dewasa, maupun orang tua. Nah Setelah mengetahui apa pengertian sakit gigi, tidak ada salahnya juga kita mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab timbulnya sakit gigi, kami telah merangkum 7 Penyebab Utama Sakit Gigi, yuk langsung kita simak saja.


1. Kerusakan Gigi

Rusaknya gigi merupakan salah satu penyebab utama sakit gigi yang paling sering dialami oleh seseorang, Mungkin awalnya hanya lubang kecil tak kasat mata (seperti kata-kata di salah satu iklan produk pasta gigi ya? hehe), lubang tersebut kemudian membesar (dan biasanya tanpa disadari oleh kita), hingga menembus email gigi, yang mana akan sampai pada dentin gigi, bila hal ini terjadi maka biasanya seseorang akan merasakan sakit pada giginya, karena dentin menjadi lebih sensitif. Bila pada tingkat yang lebih dalam lagi, sakit gigi akan lebih sering dirasakan bahkan bisa sering kambuh, salah satunya adalah gigi berdenyut-denyut.

Pada tingkat yang lebih parah adalah terjadinya infeksi pada gigi berlubang, yang mana bisa menyebabkan pulpa tidak berfungsi secara normal dan akibatnya bisa terjadi genangan nanah di bagian bawah akar gigi.

2. Erosi pada Gigi
Cara menggosok gigi yang salah bisa juga menjadi penyebab erosi pada gigi, misalnya menggosok gigi terlalu keras atau terlalu cepat juga dapat mengikis email gigi dan juga bagian akar gigi. Bila hal ini terjadi tak jarang gigi menjadi lebih sensitif, terutama bila kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin, terlalu panas, terlalu manis atau pun terlalu asam.

Ada baiknya juga bila Anda mulai memperhatikan jenis makanan yang dapat merusak gigi, sebaiknya kurangi konsumsi makanan atau minuman tersebut agar gigi Anda tetap terjaga kesehatannya.

3. Gigi Tidak Rata / Miring
Selain 2 penyebab sakit gigi diatas gigi miring atau tidak rata juga dapat menjadi penyebab utama sakit gigi, Lha kok bisa min? yup, saat kita mengunyah makanan, posisi gigi yang miring menjadikan proses mengunyah menjadi tidak merata, dan hal ini juga bisa menjadikan gigi menjadi sakit.

Sumber: https://officialjimbreuer.com/