Pengertian Multiple Intellegences

Mei 14, 2020 by Tidak ada Komentar

 Pengertian Multiple Intellegences

                        Multiple Intelligences berasal dari dua suku kata, multiple dan intelligence. Secara bahasa,  multiple  biasa diartikan ganda, majemuk dan beragam. Intelligence  berarti kecerdasan atau inteligensi.  Selain itu cerdas dapat pula berarti sempurna pertumbuhan tubuhnya seperti sehat dan kuat fisiknya. Berdasarkan definisi di atas dapat disimpulkan bahwa indikator terpenting kecerdasan adalah kesempurnaan pertumbuhan akal, budi dan fisik. Namun kenyataan pahit di ranah praktis maupun teoritis, kecerdasan lebih sering diidentikkan dengan kemampuan matematika, logika dan bahasa. Inteligensi dapat diartikan sebagai kemampuan dan kapasitas seseorang untuk dapat menerima informasi yang diperoleh dari lingkungan sekitarnya, menyimpan informasi tersebut di dalam ingatan dan kemudian menjadikan pengetahuan yang sudah didapat itu  menjadi dasar dalam tindakan sehari-harinya.[2]

  1. Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia DiniMultiple Intelegences
  2. a) Perkembangan Fisik[3]

Pertumbuhan fisik perlu diamati dari waktu ke waktu karena perkembangan yang dialami anak akan mempengaruhi ketrampilannya dalam bergerak dan bermain. Dapat dikatakan bahwa pertumbuhan fisik anak akan mempengaruhi cara pandangnya terhadap diri sendiri. Hal ini karena anak memiliki kecenderungan untuk membandingakan apa yang terlihat pada dirinya sendiri dengan anak lain yang sebaya.

  1. b) Perkembangan Keterampilan Motorik

Perkembangan keterampilan motorik pada anak ditandai dengan meningkatnya kecepatan, kestabilan, akurasi, kekuatan dan efisiensi pada saat anak melakukan salah satu gerakan keterampilan motorik tertentu. Beberapa perkembangan keterampilan motorik juga digunakan untuk mengukur kecerdasan kognisi anak seperti yang digunakan dalam skala inteligensi Stanford-Binet. Perkembangan keterampilan motorik yang terlambat dapat mempengaruhi pembentukan kepribadian anak karena anak menyadari keterlambatannya dan merasa tidak percaya diri sehingga konsep dirinya menjadi tidak baik.

  1. c) Perkembangan Komunikasi dan kemampuan Bicara

Kecepatan dalam menguasai kemampuan berbicara dipengaruhi oleh tingkat kecerdasan kognisi anak. Anak yang cerdas mampu memahami bahasa sekaligus menggunakannya untuk bicara dalam waktu lebih cepat daripada anak yang kurang cerdas. Penguasaan bahasa sebagai alat komunikasi adalah salah satu pencapaian yang besar dalam proses perkembangan anak. Komunikasi dalam hal ini adalah proses dua arah yang menuntut kemampuan anak dalam berbicara sekaligus mengerti pembicaraan orang lain.

baca juga :