PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN MANAJEMEN KEUANGAN MENURUT PARA AHLI

Manajemen keuangan adalah keseluruhan kegiatan yang berkaitan dengan perputaran keuangan, baik keuangan probadi, keuangan kelompok, maupun keuangan perusahaan secara umum. Manajemen dalam keuangan ini merupakan sebuah manajemen atau sistem terhadap fungsi-fungsi keuangan, yakni mengelola fungsi keuangan serta mendapatkan dana.

Beberapa pengertian dari pengelolaan keuangan juga dicetuskan oleh para ahli, antara lain:

1. L MASSIE

Pengertian manajemen keuangan menurut J. L. Massie adalah sebuah aktivitas operasional bisnis yang bertanggung jawab guna mendapatkan serta menggunakan dana yang diperlukan untuk kegiatan operasional yang lebih efisien dan efektif.

2. AGUS SARTONO

Menurut ahli ini, manajemen perihal keuangan adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan pengalokasian dana dalam berbagai macam bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi maupun untuk pembelanjaan secara efisien.

3. BAMBANG RIYANTO

Bambang Riyanto berpendapat pengertian manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan yang berkaitan dengan usaha untuk mendapatkan pendanaan yang diperlukan dengan biaya yang minimal serta syarat yang paling menguntungkan bagi perusahaan, serta usaha sebuah usaha untuk menggunakan dana itu secara efisien.

4. SONNY S.

Pengertian manajemen keuangan menurut Sonny S. Adalah sebuah kegiatan perusahaan yang berhubungan dengan bagaimana cara untuk menadapatkan dana, menggunakan dana, serta mengelola aset yang sesuai dengan tujuan perusahaan secara menyeluruh.

5. F. BRADLEY

Manajemen keuangan menurut ahli ini adalah sebuah bidang manajemen bisnis yang ditujukan untuk mengelola penggunaan modal secara selektif, bijaksana,dam seksama dari sumber modal untuk memungkinkan unit pengeluaran bergerak kearah pencapaian tujuan.

6. JAMES VANHORNE

Menurut James VanHorne manajemen keuangan adalah segala aktivitas yang berhubungan dengan pengelolaan dana dan perolehan dana, serta pengelolaan aktiva dengan tujuan semua aktivitas yang ada pada perusahaan.

7. WESTON DAN COPELAND

Weston dan Copeland berpendapat bahwa manajemen keuangan adalah tanggung jawab dan suatu fungsi dari para manajer keuangan. Dalam hal ini fungsi pokok manajemen ini adalah menyangkut keputusan tentang penanaman modal, pembiayaan kegiatan usaha, serta pembagian dividen pada perusahaan.

8. SUTRISNO

Ahli ini memiliki pendapat manajemen keuangan adalah segala aktivitas perusahaan dengan usaha-usaha untuk memperoleh dana perusahaan dengan biaya yang murah dan usaha dalam pemakaian serta pengalokasian dana seefisien mungkin.

9. GRESTENBERG

Manajemen keuangan menurut Grestenberg adalah cara bagaimana sebuah bisnis diselenggarakan untuk mendapatkan dana, baik cara perolehannya, penggunaan, serta bagaimana sebuah bisnis didistribusikan.


Sumber: https://klokkenluideronline.net/strikers-1945-apk/