Pengertian Ekosistem Alam Serta Contoh-Contohnya

Pengertian Ekosistem Alam Serta Contoh-Contohnya

Pengertian Ekosistem Alam Serta Contoh-Contohnya

Pengertian Ekosistem Alam Serta Contoh-Contohnya
Pengertian Ekosistem Alam Serta Contoh-Contohnya

Ekosistem

ialah kesatuan antara komponen biotik dan komponen abiotik, jadi di alam ekosostem terdapat unteraksi antara produsen, konsumen, dan dekomposer ebagai komponem biotik, serta tanah, air, udara dan suhu sebagai komponem abiotik.
ekosistem akan seimbang jikalau komposisi penyusun ekosistem tersebut jumlahnya seimbang. Ekosistem yang seimbang akan bertahan lama, dalam suatu ekosistem jumlah komponen biotik sanggup berubah. Perubahan tersebut sanggup terjadi lantaran komponem biaotik ada yang tumbian ada yang mati karenauh, berkembang biak, berpindah atau mati.

Perubahan salah satu komponen biotik sanggup menghipnotis komponen biotik yang lainnya. Misalnya, pada trend kemarau jumlah rumput pada suatu padang rumput berkurang. Karena jumlah rumput sedikit, belalang yang pemakan rumput pun semakin berkurang. Sebagian ada yang mati lantaran kurangnya makanan/ rumput dan sebagian ada yang berpindah ketempat yang lain. Demikian juga buruh pemakan belalang menurun lantaran makanannya berupa belalang berkurang.
Sebaliknya, ketika trend hujan, rumput tumbuh rindang, jumlah belalang pemakan rumput bertambah lantaran jumlah rumput berlimpah. Karena jumlah kuliner yang begitu berlimpah, belalang pun banyak berkembang biak, sehingga jumlah belalang pun semakin bertambah. melaluiataubersamaini demikian, okosistem yang mempunyai komposisi komponen biotik yang seimbang, yang mengakibatkan keberlansungan ekosistem tersebut akan bertahan lama.

Saling ketergantungan tidak spesialuntuk terjadi antara komponen biotik dan komponen biotik, tetapi bisa juga antara komponen biotik dan komponen abiotik. Salah satu misalnya yakni kacang tanah sanggup menyuburkan tanah lantaran di dalam akar kacang tanah terdapat bintil-bintil akar yang mengandung basil yang disebut Rhizobium, basil tersebut bisa menangkap gas nitrogen dari udara. Tanah yang sudah ditanami kacang tanah akan menjadi tanah yang banyak mengandung nitrogen, sedangkan nitrogen tersebut sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk pertumbuhannya.

Selain itu, keberadaan cacing tanah juga sanggup menyuburkan tanah lantaran cacing tanah memakan serpihan materi organik dalam tanah sehingga ketika cacing tanah tersebut mengeluarkan kotoran maka kotoran cacing tanah tersebut sanggup menyuburkan tanah. Selain itu, cacing tanah juga membuat rongga dalam tanah yang memungkinkan oksigen masuk ke dalam tanah dan akar tumbuhan pun sanggup dapa bernapas.

Namun, di lain pihak insan juga ialah salah satu penyeimbang suatu ekosistem. Ketika ekosistem tersebut diganggu oelh manusia, suatu ekosistem itu tidak akan seimbang lagi dan akan menyebabka bencana. Salah satu misalnya yakni penebangan hutan yang sembarangan, sehingga sanggup menjadikan peristiwa banjir dan longsor. Hal tersebut terjadi lantaran tanah tidak lagi tertahan oleh akar tumbuhan yang sudah ditebang. Banjir sanggup mengakibatkan tergenangnya air di suatu daerah bersamaan dengan sampah sehingga sanggup mengakibatkan penyakit, diantaranya yakni penyakit malaria, muntaber, kolera, dan disentri. Selain penebangan hutan yang sembarangan, memmembuang sampah sembarangan juga sanggup mengakibatkan ekosistem terganggu lantaran sanggup mengakibatkan lingkungan yang tidak sehat.

Baca Juga: