Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif
Pengertian, Ciri-Ciri dan Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Pengertian Dialog Interaktif

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dialog berarti percakapan (dalam sandiwara, cerita, dan sebagainya); atau kerya tulis yang disajikan dalam bentuk percakapan antara dua tokoh atau lebih.

Apapun makna interaktif menurut sumber yang sama adalah bersifat saling melakukan aksi; antar-hubungan; saling aktif.

Dialog interaktif adalah dialog yang dilakukan di televisi atau radio atau forum-forum umum yang melibatkan peran pendengar untuk ikut menanggapi atau menanyakan seputar isi pembicaraan dalam dialog itu.

Pendengar atau pemirsa dapat memberi masukan, saran atau usul mengenai topik yang sedang dibahas dalam dialog.

Dengan demikian topik yang membahas akan semakin tajam dan mendalam. Dialog termasuk dialog interaktif penting untuk diikuti sesuai dengan topik yang sedang di bicarakan.

Dengan sering mengikuti dialog interaktif kita tidak akan ketinggalan informasi terkini tentang berbagai hal apalagi masalah yang sedang hangat dibicarakan di masyarakat.

Ciri-ciri Dialog Interaktif

  • Melibatkan banyak orang, tidak dilakukan secara sendiri namun banyak pelaku yang terlibat dari dialog tersebut baik langsung maupun tidak langsung.
  • Adanya tanya jawab antara pewawancara dengan narasumber.
  • Dialog bisa dilakukan secara langsung maupun tidak langsung.
  • Adanya percakapan yang melibatkan pendengar dan penanya.
  • Biasanya dialog interaktif ditayangkan di televisi dan radio.

 

Cara Menyimpulkan Isi Dialog Interaktif

Informasi dapat kalian peroleh melalui berbagai cara, baik secara lisan maupun tulisan. Salah satu cara yang dapat kalian lakukan untuk mendapatkan informasi secara lisan yaitu melalui kegiatan menyimak dialog interaktif.

Dialog interaktif adalah percakapan yang dilakukan di televisi atau radio yang dapat melibatkan pemirsa dan pendengar melalui telepon. Ada pun narasumber yang dipilih adalah orang tahu yang persis tentang informasi yang ingin disampaikan.

Selain itu, kalian juga dapat memperoleh informasi dengan bertindak sebagai pihak yang pasif, yaitu mendengarkan dengan saksama suatu kegiatan dialog interaktif yang dilakukan oleh orang lain.

Dari kegiatan mendengarkan tersebut kalian dapat mencatat hal-hal penting dan menyimpulkan isi dialog yang kalian dengarkan itu. Sama halnya dengan berita, dalam dialog interaktif kalian juga harus menerapkan prinsip 5W + 1H berikut ini.

  • what : apa yang didialogkan
  • who : siapa yang berdialog
  • when : kapan dialog dilakukan
  • where : di mana dialog dilakukan
  • why : mengapa dialog dilakukan
  • how : bagaimana hasil dialog tersebut

 

Demikianlah pembahasan tentang Dialog Interaktif yang pembahasannya meliputi pengertian dialog interaktif,  unsur-unsur dialog interaktif, ciri-ciri dialog interaktif, cara menyimpulkan dialog interaktif. Semoga bermanfaat. Terima kasih
Baca Artikel Lainnya: