Pengertian Al-Qur’an Dengan 7 Huruf

 Pengertian Al-Qur’an Dengan 7 Huruf

Dijelaskan oleh Ash-Shabuni (2001:346) bahwa kata “ahruf” adalah bentuk jamak dari “harfun” yang oleh pengarang kamus diartikan sebagai ujung atau pinggir sesuatu, atau puncak (gunung). Akan tetapi ada pula yang mengartikannya sebagai “ragu” atau “tepi”, mengingat firman Allah ‘Azza wajalla: “Di antara manusia ada orang yang menyembah Allah dipinggir-pinggir (dalam keraguan)… “(QS. Al-Haj: 11), yakni menyembah-Nya hanya di waktu makmur. Tetapi waktu krisis, tidak. Atau menyembah-Nya dengan tidak tenang, yakni tidak masuk ke dalam agama Allah dengan teguh. Adapun yang dimaksudkan “Al-Qur’an itu diturunkan atas tujuh huruf”, yaitu tujuh bahasa dari bahasa-bahasa bangsa Arab. Bukan berarti tujuh huruf seperti yang kita tahu di mana Al-Qur’an itu datang dengan dua puluh tujuh huruf atau lebih, melainkan sekali lagi artinya adalah bahwa tujuh bahasa yang berbeda-beda dalam Al-Qur’an.

Dari uraian di atas, kita tahu bahwa kata “huruf” mempunyai banyak arti, namun yang dikehendaki adalah satu yang sesuai dengan qarinah dan maqam. Dengan demikian yang dimaksudkan huruf adaJah “wajhun/segi”, ini berdasarkan dalil sabda beliau: “Al-Qur’an diturunkan atas tujuh huruf (wajah bacaan)”, untuk memperluas dan mempermudah, sehingga ucapan itu akan berarti: “Al-Qur’an diturunkan dengan luas yang di dalamnya pembaca dapat membacanya dengan tujuh wajah (bacaan). Dengan wajah manapun dia hendak membacanya”, atau seolah-olah Rasulullah Saw. itu bersabda: “Sedemikian luasnya Al-Qur’an itu diturunkan”.

Memang disini banyak terdapat perselisihan pendapat dalam mengartikan apa yang dimaksud dengan 7 huruf tersebut. Namun pendapat bahwa 7 huruf adalah 7 wajah bacaan adalah cukup kuat. Yang menjadi persoalan juga disini adalah apakah bilangan 7 itu mutlak? Ternyata, dalam tradisi bahasa Arab, kata 7 menunjukkan pengertian “tawassul” (bilangan yang tak terhingga). Dengan demikian, bilangan 7 disini bisa diartikan sebagai bilangan yang bermakna lebih dari 7.

sumber :

Doctor Kids 1.28 Apk for android