Pembahasan Tentang Evaluasi Pendidikan Islam

Pembahasan Tentang Evaluasi Pendidikan Islam

Pembahasan Tentang Evaluasi Pendidikan Islam

Pembahasan Tentang Evaluasi Pendidikan Islam
Pembahasan Tentang Evaluasi Pendidikan Islam

Secara Etimologi

Evaluasi berasal dari bahasa inggris. Evaluation akar katanya value yang berarti nilai/harga. Nilai dalam bahasa arab disebut Al-Qur’an / Al Taqdir dengan demikian diartikan sebagai penilaian dalam bidang pendidikan/penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan.

Secara Terminology

Para ahli mendevinisikan evaluasi sebagai berikut
Ø Menurut Edwin Wandt evaluasi mengandung pengertian satu tindakan / proses dalam membentuk nilai sesuatu
Ø Menurut M. Chabibi Thoha evaluasi merupakan kegiatan yang terencana untuk mengetahui keadan objek dengan menggunakan instrument dan hasilnya dibandingkan dengan tolak ukur untuk memproleh kesimpulan.
Dengan demikian evaluasi bukan sekedar menilai sesuatu aktivitas secara spontan dan mendetail melainkan mrupakan kegiatan untuk menilai sesuatu secara terencana, sistematis dan berdasarkan atas tujuan yang jelas

Evaluasi Pendidikan

Menurut Lembaga Pendidikan Administrasi Negara batasan mengenai evaluasi pendidikan adalah sebagai berikut :
a. Proses atau kegiatan untuk menentukan kemajuan pendidikan dibandingkan dnan tujuan yang telah ditentukan
b. Usaha untuk memproleh informsi brupa umpan balik (feed back) bagi penyempurnaan pendidikan.
Bertitik tolak dari uraian di atas, dapat dikembangkan bahwa evaluasi mrupakan data untuk menentukan sejauh mana dalam hal apa dan bagaimana tujuan pendidikan sudah tercapai,

Evaluasi Pendidikan Islam

Kalau kita kaitkan dengan pengetian evaluasi pendidikan dengan pendidikan islam, maka evaluasi itu brarti suatu kegiatan untuk mnentukan taraf kemajuan suatu pekrjaan di dalam pendidikan islam Al Wahab menyatakan bahan evaluasi / waqim itu adalah suatu sekumpulan kegiatan pendidikan yang menentukan atas suatu prkara untuk mengetahui tercapainya tujuan akhir pendidikan dan mengajarkan sesuai dengan program-program pelajaran yang beraneka ragam. Sedangkan daftar hasil kegiatan pada waktu itu berupa kelemahan-kelemahan dan kelelahan evaluasi menitik bratkan pada proses pendidikan dan pengajaran peletaknya berupa catatan latihan dan juga pertemuan tatap muka.

FUNGSI EVALUASI

Kalau kita lihat prinsip evaluasi yang terdapat di dalam Al-Qur’an dan praktek yang dilakukan Rasulullah SAW maka evaluasi berfungsi sebagai berikut :
1. Untuk mengujidaya kemampuan manusia beriman terhadap babagai macam problematika kehidupan yang dihadapi (Al Baqroh : 155)
2. Untuk mengetahui sejauh mana / sampai mana hasil pendidikan wahyu yang telah diaplikasikan Rasulullah SAW kepada umatnya (QS. An Naml : 40)
Seorang pendidik melakukan evaluasi di sekoah mempunyai fungsi sebagai brikut :
a. Untuk mengetahui peserta didik yang mana yang terpandai dan terbodoh di kelasnya.
b. Untuk mengetahui apakah bahan yang telah diajarkan sudah dimiliki oleh peserta didik/belum
c. Untuk mendorong prsaingan yang sehat antara sesama peserta didik.
d. Untuk mengetahui kemajuan dan perkembangan peserta didik
e. Untuk mengetahui tepat atau tidaknya guru memilih bahan metode
f. Seabgai laporan terhadap orang tua peserta didik dalam bentuk raport, ijazah, program dan sebagainya.

Baca Juga: