PEMAIN FUTSAL

PEMAIN FUTSAL

PEMAIN FUTSAL

Jumlah pemain futsal

dalam pertandingan adalah 5 orang termasuk penjaga gawang. Sedangkan untuk pemain cadangan menurut peraturan futsal hanya diperbolehkan maksimal 7 orang. Apabila kompetisi resmi dibawah naungan FIFA atau Asosiasi Nasional jumlah cadangannya maksimal 9 orang. Suatu pertandingan tidak diperbolehkan dimulai apabila salah satu tim kurang dari tiga orang.

Sebelum kompetisi dimulai, harus menentukan terlebih dahulu berapa kali jumlah pergantian pemain yang diperbolehkan. Jumlah pergantian pemain dalam pertandingan diperbolehkan hingga tidak terbatas. Hal itu harus sesuai kesepakatan kedua tim yang sudah ditentukan sebelum kompetisi tersebut. Wasit juga harus sudah diinformasikan sebelum pertandingan dimulai.

Prosedur pergantian pemain sesuai peraturan futsal:

  1. Pemain meninggalkan lapangan permainan melalui daerah pergantian timnya sendiri
  2. Pemain memasuki lapangan pertandingan melalui daerah pergantian timnya
  3. Pemain pengganti hanya bisa memasuki lapangan permainan setelah pemain yang digantikannya sudah meninggalkan lapangan permainan
  4. Kapanpun waktunya pemain bisa saja dijadikan pemain pengganti dan pemain pengganti bisa saja menjadi pemain.

Peraturan pergantian penjaga gawang:

  1. Pemain dapat bertukar sebagai penjaga gawang
  2. Pergantian antara pemain menjadi penjaga gawang harus dengan adanya pemberitahuan kepada wasit dan dalam keadaan permainan berhenti.
  3. Perubahan antara pemain menjadi penjaga gawang harus menggunakan jerseypenjaga gawang.

Dalam semua kompetisi , menurut peraturan futsal daftar nama-nama pemain termasuk pemain pengganti harus diberikan kepada wasit sebelum pertandingan dimulai. Hal ini untuk memastikan apakah nama tersebut hadir atau tidak. Jikalau ada pemain pengganti yang tidak memberikan daftar namanya pada waktu yang ditentukan, maka pemain tersebut tidak bisa dimainkan dalam pertandingan.


Sumber: https://girlsgames123.co.id/the-ark-of-craft-apk/