MUTU DIRI ( SUMBER DAYA MANUSIA)

Juli 28, 2020 by Tidak ada Komentar

MUTU DIRI ( SUMBER DAYA MANUSIA)


Sumber daya manusia sebuah organisasi merupakan sumber daya vitaldan hanya akan di peroleh melalui upaya perekrutan  yang efektif.untuk itu, organisasi  memerlukan informasi akurat dan berkelanjutan guna mendapatkan calon tenaga kerja yng sesuai dengan kualifikasi organisasi.
Rekrutmen merupakan serangkain kegiatan mencari  dan memikat pelamar kerja  dengan motivasi,kemampuan ,keahlian dan pengetahuan yang di perlukan untuk menutupi kekurangan yang diidentifikasi  dalam perencanaan kepegawaian.
Kegiatan rekrutmen ini juga tidak lepas dari dari aktivitas manajemen sumber daya manusia yang lain, seperti pelatiahan dan pengembangan,evaluasi kinerja promosi dan mutasi,jenjang karier,kompensasi serta hubungan industrial karyawan
1.    Pelatihandan pengembangan,perusahaan akan melakukan calon tenaga kerja baru training selama 3 bulan yaitu
*pada bulan pertama di ajarkan secara teori terlebih dahulu dalam pengenalan perusahaan tersebut,pengenalan dalam alat kasir,pembelajaran tata cara mengasir,pemberitahuan tempat lokasi barang-barang produk ditempat yang telah disesuaikan .
dalam fase ini karyawan dijinkan untuk dapat mengamati senior yang bekerja disitu.
*pada bulan kedua  karyawan mulai di beri ruang untukberinteraksi secara langsung dengan customer.tapi dengan syarat harus ada senior yang mendampingi di belakang karyawan,pada fase ini karyawan akan banyak sharing karena metode senior itu bebeda-beda dalam menghadapi customer.
*pada bulan ketiga,inilah karyawan akan di lepas secara mandiri untuk menghandle customer,tanpa ada backup dari customer,pada fase ini HRD dan manajemen hanya memantau secara  langsung dalam kinerja karyawan tersebut untuk melakukan evaluasi bulan berikutnya.

Setelah dinyatakan layak menjadi  karyawan,maka karyawan akan  bekerja seperti biasa yaitu satu hari 8 jam dan seminggu libur satu hari kecuali hari jumat,sabtu,minggu.jika karyawan tidak dinyatakan layak maka akan mendapat evaliasi selama 2-3 bulan.jika dalam waktu tersebut tetap tidak layaka dengan berat hati perusahaan tidak dapat menerima karyawan di perusahaan ini.
2.    Evaluasi kinerja promosi dan mutasi,merupakan pengembangan kineja dalam mempromosikan produk barang tersebut dengan baik  dan bermutu,serta karyawan yang berfikiran cerdar,rajin jujur,dan bertanggung jawab sebagian biasanya ada yang di tempatkan ke cabang peruasahaan lain.
3.     Jenjang karier perusahaan akan menerima mulaidari jenjang SMA/SMA sampai dengan keperguruan tinggi.
4.    Kompensasi,yaitu Kompensasi adalah semua pendapatan yang berbentuk uang, barang langsung atau tidak langsung yang diterima karyawan sebagai imbalan atas jasa yang diberikan kepada perusahaan.
5.    Hubungan industrial karyawan, perusahaan mengajarkan bahwa kita harus dapat berhungan dengan karyawan  bagian apapun dan organisasi yang lain dengan ramah dan sopan.

Pos-pos Terbaru