METEOROLOGY, CUACA, DAN IKLIM (METEOROLOGY, CLIMATE, AND WEATHER)

METEOROLOGY, CUACA, DAN IKLIM (METEOROLOGY, CLIMATE, AND WEATHER)

METEOROLOGY, CUACA, DAN IKLIM (METEOROLOGY, CLIMATE, AND WEATHER)

METEOROLOGY, CUACA, DAN IKLIM (METEOROLOGY, CLIMATE, AND WEATHER)
METEOROLOGY, CUACA, DAN IKLIM (METEOROLOGY, CLIMATE, AND WEATHER)

Weather atau Cuaca

mempengaruhi aktivitas kehidupan kita sehari-hari, pekerjaan kita dan kesehatan serta kenyamanan kita. Sekalipun ada beberapa aspek dari lingkungan fisik kita yg mempengaruhi kehidupan kita lebih dari cuaca. Cuaca (weather) sangat mempengaruhi pertanian. Disamping dampak langsung pada manusia, cuaca mempunyai pengaruh kuat pd ekonomi dunia melalui pengaruh pd pertanian, transportasi, industri, penggunaan energi, sumber daya air, dsb. Polusi udara dpt mempengaruhi iklim kota dan kesehatan manusia. Atmosfer dengan jelas mempengaruhi kehidupan kita. Juga penting untuk menyadarkan bahwa manusia mempengaruhi juga atmosfer. Polusi udara, hujan asam, ozone depletion, dan pemanasan global adalah seluruh contoh dari dampak manusia pada atmosfer. mau tak mau ini juga ke depannya bisa mempengaruhi cuaca (weather).
Meteorology adalah ilmu yang mempelajari atmosfer bumi khususnya untuk keperluan prakiraan cuaca. Kata ini berasal dari bahasa Yunani meteoros atau ruang atas (atmosfer), dan logos atau ilmu. Meteorology adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari dan membahas gejala perubahan cuaca yang berlangsung di atmosfer.

Cuaca dan Iklim

Bagaimana cuaca dan iklim berbeda?

Bila menjelaskan atmosfer, kita kadang-kadang bicara tentang cuaca dan pada lain waktu berbicara tentang iklim. Cuaca berbicara tentang perilaku atmosfer pd tempat tertentu utk perioda waktu yg pendek . Cuaca dpt berubah dg cepat. Kadang-kadang hanya beberapa menit membuat perbedaan yg besar .

Apa itu Iklim?

Climate (Iklim) suatu tempat adalah generalisasi dari kondisi cuaca utk jangka waktu yg panjang. Iklim adalah lebih dari rata2 cuaca Walaupun rata2 adalah angka statistik dasar di banyak uraian tentang iklim, variasi dan ekstrim juga penting. Tetapi mengetahui ekstrim yg mungkin terjadi memberikan tambahan informasi yg berguna. Data iklim membantu perencanaan dan membantu kita mengetahui apa yg diharapkan ketika mengunjungi suatu lokasi tertentu . Tetapi data iklim tdk dapat memprediksi cuaca . Walaupun cuaca suatu tempat biasanya bisa saja hangat, banyak sinar matahari, dan kering selama perioda tertentu, anda pd kenyataannya bisa mengalami cuaca dingin, overcast, dan hujan. Sifat dasar cuaca dan iklim dinyatakan dlm istilah elemen dasar yg sama (suhu udara, kelembaban, tipe dan jumlah awan, tipe dan jumlah presipitasi, kecepatan dan arah angin, dan tekanan udara). Elemen2 adalah kuantitas atau sifat yg dimiliki yg secara teratur diukur dan membentuk variabel dimana cuaca dan iklim dinyataka.