Mengenal Tentang Geyser

Mengenal Tentang Geyser

Mengenal Tentang Geyser

Mengenal Tentang Geyser
Mengenal Tentang Geyser

Geyser

adalah aliran air hangat yang menyembur secara periodik, mengeluarkan air panas dan uap air ke udara. Nama geyser berasal dari kata Geysir di Haukadalur, Islandia. Kata itu kemudian menjadi kata kerja bahasa Islandia gjósa, “menyembur”.ke permukaan tanah. Geyser selalu tampak menarik dan misterius. Salah satu tempat di Reykjavik, ibukota Islandia, terkenal dengan geysernya yang mencapai diameter 20 meter dan ketika hujan, anda bisa menemukan pemandangan yang mengerikan: aliran air yang menyembur luar biasa sehingga mencapai ketinggian 70 meter.

Jika anda mengunjungi Cina, dan menunggu di sekitaran Geyser di sungai Yangbo, Tibet.Geyser yang ada dapat menyembur dengan suara yang mengejutkan setiap beberapa menit sekali. Diamter semburan air panas ini mencapai 2 meter dan ketinggian semburannya dapat mencapai 20 meter.

Pembentukan geyser

bergantung kepada keadaan hidrogeologi tertentu yang hanya terdapat di beberapa tempat di Bumi, dan karena itu geyser adalah fenomena yang jarang ditemui. Sekitar 1000 ada di seluruh dunia, sekitar setengahnya di Yellowstone National Park, Amerika Serikat. Aktivitas semburan geyser dapat berhenti karena pengendapan mineral di dalam geyser, gempa bumi, dan campur tangan manusia.

Penyemburan nitrogen cair telah diamati di bulan planet Neptunus, Triton. Selain itu di kutub selatan planet Mars yang ditutupi es, terdapat kemungkinan sembuaran karbon dioksida. Fenomena ini juga sering disebut geyser, namun bukan disebabkan oleh energi geothermal, melainkan pemanasan oleh mataharidan efek rumah kaca. Di Triton, nitrogen dapat menyembur dengan ketinggian 8 km.

Fly Geyser, Nevada

Sumber mata air panas ini di temukan di tanah milik pribadi di Hualapai Valley dekat Gerlach. di lihat dari State Road 34. Anda harus mendapat ijin untuk melihat lebih dekat, kecuali Anda sudah merasa puas dengan  melihat dan memandang dari sini.

Kembali pada tahun 1916 pemilik tempat itu sedang mencari air dengan harapan untuk menciptakan tanah pertanian di daerah gurun. Mereka menemukan sumber air, ya, dan juga bekerja selama beberapa dekade. Namun, bor yang didorong turun  menembus kantong air panas bumi  dan hasilnya adalah air mancur panas, jika tidak cukup dikatakankan oleh perbuatan manusia maka dipastikan hanya atas kehendak -Nya.

Sejak tahun 60an air mancur panas telah membentuk – sekarang memiliki penampilan patung besar multi-warna. Ia duduk di atas mimbar lumpur dan kotoran. Tanaman liar hidup berkembang di sekitar kolam air hangat memberikan tampilan dunia mati bahkan

Kolam tersebut membentuk ekosistem sendiri. Banyak ikan kecil dilepas di kolam oleh beberapa orang yang tidak diketahui,  berkembang biak di kolam dan mereka menarik sejumlah burung seperti angsa, mergansers dan mallards.

Air dari air mancur panas menyembur ke angkasa secara terus menerus. Geyser ini dapat  menyemprotkan air setinggi dua meter ke udara, Air yang menyemprot ini berjumlah tiga puluh atau lebih dan muncul dan berada di sekitar kolam renang dengan sumber air hangat yang segar. Campuran mineral yang berbeda (termasuk belerang) pada Air mancur panas ini, akan bereaksi dengan oksigen di udara dan menghasilkan warna-warna yang  indah alami.

Tampilan aneh namun indah dari geyser ini adalah karena mineral-mineral tersebut terlarut perlahan-lahan dan mengalami intensifikasi dan kemudian menumpuk. Hal ini menciptakan timbunan yang di atasnya menyembur air panas dan air mancur panas itu,

Walaupun beberapa organisasi telah berusaha untuk membeli tanah tersebut dan membukanya untuk umum, tetapi pemilik masih tegas menolak. Tanah tetap menjadi milik swasta dan dibatasi oleh pagar. Jika Anda pernah berada di sekitarnya, maka jangan mencoba untuk melewati  jalan gerbang terkunci – di Nevada tersebut.

 

(Sumber: https://weareglory.com/)