Memperkuat Kemampuan Inti Dalam Pembelajaran

Memperkuat Kemampuan Inti Dalam Pembelajaran

Memperkuat Kemampuan Inti Dalam Pembelajaran

Memperkuat Kemampuan Inti Dalam Pembelajaran
Memperkuat Kemampuan Inti Dalam Pembelajaran

MANUSIA mempunyai cara yang berbeda dalam menghadapi se­buah permasalahan.

Ada yang menyelesaikan dengan cepat dan ada yang memerlukan waktu lebih lama. Bahkan, tak jarang ada yang memilih lari dan menghindar dari persoalan yang dihadapinya.

Saat ini kita banyak dihebohkan dengan pemberitaan tentang uja­ran kebencian yang tidak mencer­minkan manusia yang terdidik dan terpelajar. Terutama dalam media sosial, cermin kesantunan dalam berkomunikasi nyaris tidak ada. Hal ini mencerminkan bahwa bangsa ini belum siap dengan ada­nya perbedaan pendapat, dan be­lum dewasa dalam menghadapi konflik horizontal yang terjadi.

Bagi guru, tentunya sangat besar harapan untuk dapat melahirkan generasi yang mampu

menghadapi setiap persoalan yang menimpa di­rinya. Kemampuan menghadapi juga harus diiringi dengan kemam­puan menyelesaikannya. Pada inti­nya setiap peserta didik harus mam­pu menyelesaikan permasalahan yang dihadapinya. Apakah dapat diselesaikan dengan cepat atau lam­bat, tidak menjadi sebuah hal yang harus dirumitkan. Karena kecepatan dalam menyelesaikan itu berkaitan erat dengan pengalaman dan juga ilmu pengetahuan yang dimiliki.

Sepanjang mempunyai mental yang tangguh dalam menghadapi masalah, maka kecepatan akan terasah seiring berjalannya waktu. Pada awalnya mungkin berbagai macam persoalan akan lama untuk selesai, namun dengan pengalaman yang terus bertumbuh tersebut bukan tidak mungkin, kecepatan hanya masalah waktu saja.

Manusia dewasa saat ini adalah produk dari pendidikan di masa lalu. Pendidikan saat ini merupakan cikal

bakal manusia Indonesia di­masa mendatang, bisa 5, 10 bahkan 20 tahun yang akan datang. Gagal dalam memberikan pendidikan, maka kegagalan membangun bang­sa kedepannya. Ada sebuah ung­kapan “ajarilah anak didikmu, agar mereka bisa hidup di masa yang akan datang, yang mungkin tidak sama dengan masa kita saat ini”.

Pendidikan seperti apa yang kira­nya tepat untuk diberikan agar para generasi mendatang itu sukses? Banyak sekali literatur yang men­gungkapkan pendidikan masa kini untuk kehidupan masa depan. Sa­lah satunya bagaimana menumbu­hkan kemampuan inti dalam pem­belajaran. Apa itu kemampuan inti? kemampuan inti adalah ke­mampuan dasar pembelajaran yang akan membuat peserta didik mam­pu menghadapi kehidupan di masa yang akan datang. Kemampuan inti ini terintegrasi dalam pembela­jaran di sekolah. Meskipun, kuriku­lum sering berganti, namun kemam­puan inti ini tetap harus menjadi ruh dalam pendidikan, guna memper­siapkan generasi yang mampu ber­tahan di masa mendatang.

 

Sumber :

https://nashatakram.net/