Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya

Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya

Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya

Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya
Manfaat Dan Khasiat Daun Pepaya

Pepaya (Carica papaya), Betik, adalah tumbuhan yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan bagian utara dari Amerika selatan. Dan saat ini telah menyebar luas juga telah banyak di tanam di seluruh daerah tropis untuk makan buahnya. Carica papayaadalah Satu-satunya jenis dalam genus Carica. Nama pepaya dalam bahasa Indonesia diambil dari bahasa Belanda, Papaya,yang pada giliranya juga mengambil dari nama bahasa Arawak, Papaya dalam bahasa Jawa di sebut adalah Kates, Dan dalam bahasa Sunda adalah Kates.

 

Melunakkan Daging

Apabila anda memasak daging sebaiknya gunakan daun pepaya, Daging yang anda masak akan menjadi empuk dan enak jika di makan. Caranya : Hancurkan daun pepaya yang masih basah dan campurkan kedalam daging yang telah di Iris-iris,Tetapi jangan terlalu banyak, Karena rasa pahit dari daun pepaya dapat membuat daging menjadi tidak enak dimakan.

Menambah Nafsu Makan

Tidak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan, sediakan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir, campur semua bahan, Kemudian ditumbuk/diblender. jika selesai disaring untuk diambil airnya lalu minum. ramuan daun pepaya tersebut aman, bahkan untuk Anak-anak sekalipun.

Mencegah Kanker

Dari beberapa penelitian dijelaskan, Batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu (White milky latex) yang berpeluang dikembangkan sebagai anti kanker, sebagai mana di kutip dari journal Society of biology. Getah pepaya ini otomatis didapatkan pada saat kita mengkomsumsi daun pepaya, Bisa dimasak dengan cara apapun.

Menghilaangkan Jerawat

Ternyata daun pepaya juga dapat di pakai untuk mengatasi jerawat, Caranya : Ambil 2-3 lembar daun pepaya tua, di jemur sebentar dan tumbuh hingga halus, Kemudian tambahkan 1 setengah sendok air, lalu oleskan ramuan tersebut pada bagian wajah yang berjerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, Dan bilas dengan air hangat kuku.

Mengontrol Tekanan Darah

Mengontrol tekanan darah, Caranya : Ambil 5 lembar daun pepaya,Dan rebus dengan setengah liter air, Di rebus terus hingga tinggal air rebusan tinggal tiga perempatnya. Dinginkan sebelum diminum, Jika perlu tambahkan gula merah atau madu agar terasa lebih manis.

Mengobati Nyeri Haid

Buat anda para wanita yang mengalami nyeri pada saat haid, ada baiknya anda mencoba resep tradisional dari daun pepaya tersebut. Caranya : Ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya, di rebus dengan segelas air hingga masak, Dan dinginkan sebelum di minum.

Mengobati Demam Berdarah

Untuk penderita demam berdarah, Atau yang sedang mengalami gejala demam berdarah sangat disarankan untuk mengkomsumsi daun pepaya ini, Karena daun pepaya memiliki kandungan yang dapat mengobati dan menetralkan gejala demam berdarah yang di sebabkan oleh Nyamuk. Caranya : Campur 5 lembar daun pepaya, temulawak, meniran secukupnya, dan gula merah. Rebus hingga masak, jika telah masak, dinginkan sebelum di minum.

Melancarkan Pencernaan

Memakan daun pepaya yang telah direbus baik di makan tampa makanan pendamping lainya dapat membantu memperlancar pencernaan. Hal ini di karenakan didalam daun pepaya terdapat zat karpain, Yaitu sejenis kandungan kimia yang dapat membunuh mikroorganisme jahat yang mengganggu pencernaan. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya di makan rutindaun pepaya, direbus setiap hari selama beberapa hari.

 

Sumber: https://www.duniabudidaya.co.id