Komponen Laporan Manajemen

Komponen Laporan Manajemen

Komponen Laporan Manajemen

Komponen Laporan Manajemen
Komponen Laporan Manajemen

Komponen Laporan Manajemen Berbasis Sekolah

yang dapat kalian jadikan acuan untuk belajar. Silahkan disimak!

Adapun isi dari laporan MBS meliputi komponen-komponen MBS, yaitu konteks, input, proses, output, dan outcome.

1. Konteks

Konteks adalah eksternalitas sekolah berupa demand and support (permintaan dan dukungan) yang berpengaruh pada input sekolah. Dalam istilah lain, konteks sama artinya dengan istilah kebutuhan. Dalam laporan MBS konteks tentang gambaran umum sekolah, yang berisi tentang permintaan dan dukuangan yang diberikan dari berbagai pihak, misalnya pemerintah maupun masyarakat, atau stakeholder dan berpengaruh pada input sekolah.

2. Input

Input adalah segala “sesuatu” yang harus tersedia dan siap karena dibutuhkan untuk berlangsungnya proses. Secara garis besar, input dapat diklasifikasikan menjadi tiga yaitu harapan, sumberdaya, dan input manajemen. Dalam laporan MBS, harapan-harapan terdiri dari visi, misi, tujuan sekolah. Selain harapan-harapan, input juga terdiri atas sumberdaya, sumberdaya dibagi menjadi dua yaitu sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya (uang, peralatan, perlengkapan, bahan). Sedangkan input manajemen terdiri dari tugas, rencana, program, regulasi (ketentuan-ketentuan, limitasi, prosedur kerja, dan sebagainya), serta pengendalian atau tindakan turun tangan.

 

3. Proses

Proses adalah berubahnya sesuatu menjadi sesuatu yang lain. Dalam isi laporan MBS, proses terdiri dari: proses pengambilan keputusan, proses pengelolaan kelembagaan, proses pengelolaan program, proses belajar mengajar, proses evaluasi sekolah, dan proses akuntabilitas.

4. Output

Output adalah hasil nyata dari pelaksanaan MBS. Dalam laporan MBS, hasil nyata yang dimaksud berupa prestasi akademik, misalnya nilai UN, peringkat lomba karya tulis, maupun prestasi non-akademik, misalnya IMTAQ, kejujuran, kedisiplinan, dan prestasi olahraga, kesenian, dan kerajinan.

5. Outcome

Outcome adalah hasil MBS jangka panjang, yang berbeda dengan output yang hanya mengukur hasil MBS sesaat/ jangka pendek. Dalam isi lapooran MBS, outcome berisi  data kelanjutan peserta didik setelah lulus dari sekolah atau dampak yang terjadi pada masa datang.

Sumber : https://www.okeynotes.com/blogs/212521/19500/fabel-adalah