Jumlah Kelas, dan Interval pada R-Programming

Jumlah Kelas, dan Interval pada R-Programming

Jumlah Kelas, dan Interval pada R-Programming

Jumlah Kelas, dan Interval pada R-Programming
Jumlah Kelas, dan Interval pada R-Programming

 

Jangkauan, interval

jumlah kelas merupakan beberapa rumus yang bisa digunakan dalam statistika dan kita dapat menghitungnya dengan R-Programming.

Rumus?? Terkadang kalau kita dengar kata-kata ‘rumus’, pikirannya udah males aja atau rumit gitu. Padahal sebenernya belum tentu loh ‘rumus’ itu  rumit.

Pada R-Programming kita akan mengenal banyak rumus, tentunya rumus yang berhubungan dengan statistik seperti jangkauan, interval, jumlah kelas, dan lain sebagainya.

Nah loh?! Jangan takut, kalau dipelajari mudah kok. :p

 

Langsung aja deh, dicoba untuk kasih contoh perhitungannya.

Diketahui misalnya kita punya data =

10,16,17,18,22,24,14,42,42,44,45,46,46,48,48,47,27,30,33,33,28,29,40,

50,41,52,38,39,40,36,44,52,51,63,66,67,43,66,66,80,92,93,94,75,71,70

Maka di R-Programming cara penulisannya atau pendeklarasian datanya itu seperti di bawah ini:

>  data=c(10,16,17,18,22,24,14,42,42,44,45,46,46,48,48,47,27,30,33,33,28,29,

+ 40,50,41,52,38,39,40,36,44,52,51,63,66,67,43,66,66,80,92,93,94,75,71,70)

Sebenarnya objek atau tulisan dengan warna merah itu bisa diganti jadi ‘datakelas’, ‘nilai’, dan lain sebagainya, terserah kita. Tapi, gag boleh ada spasi. Kalau pake spasi nanti jadi syntax error.

Lalu untuk mencari jumlah datanya kita bisa mengetikkan perintah di bawah ini:

>  length(data)

Nah, bagaimana cara mengurutkan (sort) datanya? Ketikkan perintah berikut. Terus enter.

>  sort(data)

Hasilnya :

[1] 10 14 16 17 18 22 24 27 28 29 30 33 33 36 38 39 40 40 41 42 42 43 44 44 45

[26] 46 46 47 48 48 50 51 52 52 63 66 66 66 67 70 71 75 80 92 93 94

Karena tadi saya mendeklarasikan nama objeknya adalah data maka yang berada dalam kurung juga harus sama dengan nama yang sudah dideklarasikan. Sampai seterusnya juga begitu.

Untuk mencari nilai tertinggi (max) dan nilai terkecil (min) dari data di atas, ketik aja perintah di bawah ini:

> max(data)

> min(data)

Gampangkan mencari max dan min data? Sekarang lanjut mencari jangkauan. Masih ingat gag rumus jangkauan di statistika atau matematika?

jangkauan = nilai tertinggi data – nilai terkecil data

Nah karena tadi kita udah cari nilai tertinggi dan nilai terkecilnya, kita bisa mencarijangkauan datanya dengan perintah berikut:

> jangkauan=max(data)-min(data)

> jangkauan

Okey, sekarang gimana ngitung jumlah kelas?

Agak sedikit ribet sih, tapi mudah kok. Dalam statistika, jumlah kelas itu rumusnya 1 + 3.322 log n dimana n itu jumlah data (length(data)).

Jadi pada R-Programming kita bisa mencari jumlah kelas dengan perintah berikut:

> jumlahkelas=(1+3.322*log10(length(data)))
> jumlahkelas

Biasanya kan hasilnya koma koma, nah untuk membulatkan nilainya kita bisa menggunakan perintah berikut:

> round(jumlahkelas)

Okey, terakhir adalah mencari interval kelas kita bisa gunakan perintah dibawah ini.

> interval=jangkauan/jumlahkelas
> interval

Dan perintah untuk membulatkannya adalah:

> round(interval)

Ini screen shot dari program di atas, monggo dilihat.

Sumber : https://pendidikan.co.id/