Gusi Bengkak

Juli 5, 2020 by Tidak ada Komentar

Gusi Bengkak

Pernah mengalami gusi bengkak kan? Gusi yang bengkak juga mengakibatkan rasa sakit pada gigi, hal ini tidak lepas dari pengaruh iritasi yang dialami oleh gusi dan membuat akar gigi menjadi terasa sakit. Lalu apa saja yang menyebabkan gusi bengkak, ada beberapa hal sih sebenarnya, seperti contohnya saat kita makan ikan, dan tanpa sangaja durinya mengenai gusi, dan menyebabkan bengkak,
atau ketika kita mengkonsumsi makanan yang keras juga dapat menyebabkan gusi bengkak. dan berimbas pada rasa sakit di gigi kita.

5. Benturan/Trauma Gigi

Terjadinya benturan pada gigi juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit gigi, misalnya saja saat kita tanpa sengaja jatuh(semoga saja tidak terjadi) dan saat terjatuh bagian mulut kita terbentur benda keras. Ada kemungkinan gigi akan patah atau pun gigi goyang, hal ini juga seringkali menyebabkan gigi terasa sakit.

6. Gigi yang Terjepit Gigi Lainnya
Sakit gigi akibat gigi yang terjepit oleh gigi lainnya? itu maksudnya gimana min? mungkin ada diantara pembaca caraobatisakitgigi.blogspot.com yang bertanya demikian. Yang dimaksud gigi terjepit oleh gigi lainnya adalah saat gigi tumbuh. Kita ambil contoh saat gigi bungsu(gigi geraham) tumbuh, sementara ia tidak mempunyai cukup ruang karena sudah ada gigi yang lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu dari 7 Penyebab Utama Sakit Gigi yang sering dialami oleh seseorang.

7. Perawatan Ortodontik
Pernah memasang kawat gigi? mungkin ada sebagian dari Anda yang pernah melakukannya bukan? nah perawatan ortodontik saat kita memasang kawat gigi atau saat perawatan kawat gigi juga dapat menjadi pemicu timbulnya sakit gigi. Mungkin sakitnya hanya sebentar namun tetap saja ada yang merasakan sakit gigi ketika perawatan berlangsung.Setelah mengetahui 7 Penyebab Utama Sakit Gigi, ada baiknya kita juga tahu cara pencegahannya, nah kira-kira, hal-hal apa saja yang harus kita lakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi?

Cara Mencegah Sakit Gigi

Beberapa hal dibawah ini dapat Anda lakukan untuk mencegah timbulnya sakit gigi, di mulai dari hal-hal yang sederhana yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari maupun yang berhubungan dengan medis, atau kedokteran.

1. Biasakan Menyikat Gigi Secara Teratur
Membersihkan gigi menggunakan sikat gigi adalah hal yang sebaiknya dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi kita dan mencegah timbulnya sakit gigi. Seperti kita tahu bahwa kita disarankan untuk menyikat gigi minimal 2x dalam sehari, pagi sesudah makan dan malam sebelum tidur. Atau Anda juga bisa melakukannya setiap kali selesai makan, supaya gigi kita lebih bersih dan terhindar dari kuman atau bakteri yang dapat merusak gigi.

2. Gunakan Sikat Gigi yang Lembut
Pemilihan sikat gigi juga perlu diperhatikan, sebaiknya gunakan sikat gigi yang lembut saat Anda menyikat gigi, bulu sikat yang terlalu keras atau kaku juga dapat menjadi faktor penyebab kerusakan gigi (erosi gigi),

3. Hindari Menyikat Gigi Secara Keras dan Terlalu Cepat

Menyikat gigi dengan cara yang terlalu keras juga kurang baik untuk gigi kita, seperti halnya saat kita menyikat gigi terlalu cepat, hal ini dapat menjadi penyebab rusaknya email gigi dan bisa memicu timbulnya sakit gigi.

4. Kurangi Konsumsi Makanan/Minuman yang Terlalu Manis 
Makanan atau minuman yang terlalu manis juga dapat menjadi penyebab timbulnya sakit gigi, untuk itu tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Gula adalah salah satu zat yang dapat menimbulkan gigi berlubang terlebih bila kita lupa membersihkan gigi, sisa gula di sela-sela gigi dapat berakibat kurang baik untuk gigi.

5. Pemeriksa Gigi Secara Berkala
Untuk mengetahui kondisi kesehatan gigi kita, ada baiknya jika Anda mulai membiasakan diri untuk memeriksakan gigi ke dokter. Disarankan minimal 6 bulan sekali, untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan gigi Anda.