Facebook audit data yang dibocorkan ke konsultan Trump

Juni 23, 2020 by Tidak ada Komentar

Facebook audit data yang dibocorkan ke konsultan Trump

Facebook audit data yang dibocorkan ke konsultan Trump

Facebook pada Senin (19/3) mengumumkan mereka menggunakan jasa firma forensik digital untuk menyelidiki penanganan data jutaan warga Amerika yang dibocorkan ke sebuah perusahaan konsultasi yang mengerjakan kampanye pemilihan presiden Donald Trump tahun 2016.

Langkah Facebook tersebut diambil di tengah kritik setelah laporan-laporan yang menyebutkan bahwa perusahaan Inggris Cambridge Analytica memperoleh data personal dari profil 50 juta pengguna jejaring sosial itu tanpa seizin atau sepengetahuan mereka.

Pernyataan Facebook menyebutkan perusahaan forensik Stroz Friedberg akan

“melakukan audit komprehensif terhadap Cambridge Analytica”, dan bahwa perusahaan tersebut setuju untuk mematuhi serta memberikan akses ke server dan sistemnya.

Facebook mengatakan psikolog University of Cambridge Aleksandr Kogan, yang mengembangkan aplikasi yang digunakan untuk mengambil data pengguna, juga setuju untuk bersikap kooperatif.

Mereka menambahkan bahwa Christopher Wylie, pakar analisis data asal Kanada

yang bekerja dengan Kogan dan yang mengungkap kebocoran data itu ke media, menolak bekerja sama dalam audit tersebut.

“Ini bagian dari kajian komprehensif internal dan eksternal yang kami lakukan guna menentukan keakuratan klaim bahwa data Facebook yang bersangkutan masih ada,” kata raksasa jejaring sosial California itu.

Facebook mencatat bahwa pihak-pihak yang terlibat telah menjamin bahwa data-data

tersebut sudah dihancurkan, namun mengatakan “kalau data ini masih ada, maka ini akan menjadi pelanggaran besar kebijakan Facebook dan pelanggaran kepercayaan dan komitmen yang tidak dapat diterima oleh grup ini.”

 

Baca Juga :