Electronic Payment Processes 

Electronic Payment Processes

Electronic Payment Processes 

  1. Electronic Funds Transfer (EFT) : menangkap dan memproses transfer uang antar bank,  bisnis, dan pelanggan
  2. Kartu kredit : kartu yang diperoleh dari bank untuk melakukan transaksi secara kredit
  3. Smart card : stored-value card yang didalamnya terdapat chip dan microprocessor untuk menyimpan data pelanggan

Secure Electronic Payments : Langkah-langkah yang diambil untuk menjamin

keamanan informasi dalam pembayaran elektronik

o  Mengenkripsi data antara pelanggan dan merchant

o  Mengenkripsi data antara pelanggan dan perusahaan otorisasi kartu kredit

o  Mengambil informasi sensitif secara offline

Ø Business-To-Consumer (B2C) e-Commerce Primary focus : Menarik pelanggan potensial, transaksi barang dan jasa dan membangun loyalitas pelanggan

Faktor kesuksesan:

  1. Selection and Value – produk yang menarik, harga yang kompetitif
  2. Performance and Service – navigasi yang mudah dan pembelian, pengiriman cepat dan  pengiriman
  3. Look and Feel- website menarik, katalog multimedia
  4. Advertising and Incentives- iklan bertarget Webpage, promosi email, diskon,  penawaran khusus
  5. Personal Attention – halaman personalisasi web dan rekomendasi produk,  pemberitahuan email, dukungan interaktif
  6. Community Relationships – komunitas virtual dan link ke situs web yang terkait
  7. Security and Reliability- keamanan informasi pelanggan dan transaksi, informasi  produk dapat dipercaya, pemenuhan pesanan handal
  8. Great Customer Communications – mudah menemukan informasi kontak, status  pesanan secara online, dukungan produk

sumber :