Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Sistem Pendidikan

Juni 27, 2020 by Tidak ada Komentar

Dampak Teknologi Pendidikan Terhadap Sistem Pendidikan

Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan. Banyak hal yang dirasa berbeda dan berubah dibandingkan dengan cara yang berkembang sebelumnya. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang. Namun disisi lain juga memiliki dampak negatif bagi sistem pendidikan di Indonesia.

  1. Dampak positif teknologi pendidikan dalam perubahan sistem pendidikan

Adapun dampak positif pada sistem pendidikan di Indonesia terhadap kemajuan perkembangan teknologi pendidikan adalah :

  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan. Baik dalam pencarian materi-materi pembelajaran maupun info-info terkait perkembangan dunia pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan. Sehingga dalam proses belajar mengajar tidak lagi harus terpatok ruang dan waktu, sistem pembelajaran e-learning dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Artinya sistem ini bisa dilakukan tanpa harus memikirkan lokasi, waktu dan keadaan lainnya yang lebih flexible.
  3. Kemajuan teknologi pendidikan juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan. Dengan sistem pengajaran berbasis teleconference seorang guru/tutor mampu mengajar jarak jauh bahkan lintas negara dalam waktu yang bersamaan. Tentu saja dengan sistem ini bisa menghemat biaya dan tenaga. Dan kualitas pendidikan yang dihasilkan menjadi lebih cepat dan efisien.
  4. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK. Dengan sistem TIK yang online maupun offline, tenaga pendidik dan kependidikan tidak lagi repot mengolah data-data dan informasi terkait berkas atau bahan administrasi yang terkait.
  5. Dengan perkembangan teknologi pendidikan bisa dibuat program-program evaluasi secara cepat dan efisen seperti : pembuatan rapor dengan sistem program, pembuatan skor nilai, pendaftaran dan seleksi siswa baru secara online.
  6. Dampak negatif teknologi pendidikan dalam perubahan sistem pendidikan

Adapun dampak positif pada sistem pendidikan di Indonesia terhadap kemajuan perkembangan teknologi pendidikan adalah :

  1. Kemajuan Teknologi pendidikan juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan. Misalnya pembajakan karya secara ilegal,
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah sistem tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal. Misalnya terjadi kecurangan-kecurangan akibat lemahnya suatu program yang mampu dimanipulasi atau diterpensi oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  3. Salah satu dampak negatif teknologi pendidikan lewat media elektronik seperti internet adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan malas, karena tidak perlu lagi mempelajari hal-hal yang dirasa sulit, karena sudah menganggap apapun masalahnya”tanya sama mbah google”.
  4. Dalam perkembangan teknologi semakin cepat sistem pembelajaran tradisional menjadi melemah dan dianggap kemakan zaman (katrok), sehingga dizaman yang serba otomatis ini hal-hal yang berbau manual lebih dikesampingkan. Sehingga orang-orang menjadi lebih malas dalam mencatat, meringkas, menyalin.