Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!
Cara Merawat Ikan Mas Koki semoga Cepat Besar!

Daya tarik utama yang dimiliki oleh ikan mas koki terletak pada bentuknya yang membulat sehingga tampak lucu. Warna ikan ini juga sangat menarik. Ada yang berwarna kuning keemasan, merah, hitam, putih, atau perpaduan dari warna-warni tersebut. Gerakan ikan mas koki pun cukup lincah dengan irama yang gemulai. Untuk dapat merawat ikan mas koki dengan baik, Anda mampu mengikuti panduan ini!

Pantau Kondisi Air

Air sebagai habitat ikan sangat menghipnotis kesehatan dan pertumbuhannya. Itu sebabnya, penting bagi Anda untuk selalu memantau kondisi air. Gunakan pH kit untuk mengecek tingkat keasaman air serta kadar amonia, nitrit, dan nitrat. Pasang alat filtrasi dan aerator untuk menjaga kestabilan kondisi air di dalam akuarium.

Lakukan Penggantian Air

hiu megalodon – Tujuan utama mengganti air yaitu untuk mengembalikan mineral-mineral terlarut yang telah hilang. Mineral ini memiliki kegunaan untuk menjaga tingkat kecerahan warna pada badan ikan mas koki. Penggantian air sebanyak setengah volume akuarium mampu dilakukan setiap seminggu sekali. Sedangkan penggantian air secara penuh sebaiknya dikerjakan minimal setiap sebulan sekali.

Pencucian Akuarium

Berbarengan dengan penggantian air secara penuh, Anda juga mampu melaksanakan pembersihan untuk membasmi kuman dan basil yang mungkin bersarang di sana. Proses ini cukup dilakukan menggunakan sikat dan air bersih tanpa perlu menambahkan sabun pembersih. Setelah itu, bilas akuarium tersebut hingga bersih. Anda mampu menjemurnya terlebih dahulu sebelum menggunakannya kembali.

Pemberian Pakan Secukupnya

Tahukah Anda, ikan mas koki tergolong ikan yang sangat rakus. Ikan ini menyerupai tidak pernah merasa kenyang karena selalu melahap habis makanan yang diberikan kepadanya. Memang hal tersebut tampak lucu dan menyenangkan, tetapi ikan mas koki yang menerima pakan secara berlebihan akan mengalami overdosis. Akibat terburuk, tentu saja ikan-ikan yang mengalami gagal ginjal ini akan mati secara mendadak.