Cara Merawat Anak Ikan Molly Balon

Cara Merawat Anak Ikan Molly Balon

Cara Merawat Anak Ikan Molly Balon

Cara Merawat Anak Ikan Molly Balon
Cara Merawat Anak Ikan Molly Balon

Bagaimana cara merawat anak ikan molly balon? Ikan molly (Poelicia latipinna) yakni ikan hias yang mempunyai bentuk unik dengan perut yang membuncit mirip balon. Itulah kenapa, banyak penggemar yang kemudian menamakannya sebagai ikan molly balon. Selain bentuknya yang lucu, ikan molly juga disukai karena memiliki warna-warni yang cerah.

Ikan molly merupakan ikan omnivora. Ikan ini melahirkan anaknya, bukan bertelur. Sepintas rupa ikan molly memang sangat mirip dengan ikan mas koki tetapi ukurannya lebih mini. Ikan ini memiliki daya tahan badan yang tinggi serta gampang menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya. Makara merawat anakan ikan molly termasuk perkara yang mudah.

Anda mampu menggunakan media pemeliharaan berupa kolam beton, bejana plastik, maupun akuarium. Ukurannya pun tidak perlu terlalu besar karena panjang maksimal ikan ini hanya mencapai 12 cm. Sesuaikan saja jumlah ikan yang dipelihara dengan ukuran wadah pemeliharaan tersebut. Adapun kondisi air yang bagus untuk mendukung perkembangan ikan molly ialah pH 7-8 dan suhu antara 25-28 derajat celsius. Bagaimana cara merawat anak ikan molly balon Simak Ini Cara Merawat Anak Ikan Molly Balon

Pemeliharaan Anakan Ikan Molly

Kegiatan pemeliharaan anakan ikan molly balon ini dilakukan di bak pendedelan dengan ukuran sekitar 200-500 m2. Sebelum digunakan, bak tersebut perlu dipersiapkan terlebih dahulu. Caranya yakni menjemur bak tersebut selama 5-7 hari, kemudian memberikannya kapur dan pupuk sesuai dengan ketentuan.

Umur benih ikan molly yang dipakai sekitar 5-7 hari dengan ukuran 1-1,5 cm

Benih tersebut selanjutnya disebar dengan tingkat kepadatan 100-200 ekor/m2. Dalam waktu sebulan pemeliharaan, benih-benih ikan ini akan tumbuh dan memiliki panjang sekitar 2-3 cm. Benih yang sudah berumur 2 bulan dan panjangnya 3-5 cm harus dipindahkan ke bak pembesaran dengan tingkat kepadatan25-50 ekor/m2.

ikan cupang – Anak ikan molly yang gres lahir belum memerlukan pakan alasannya yakni masih mempunyai cadangan makanan yang terkandung dalam kuning telurnya. Barulah dalam usia 4-5 hari, ikan ini mampu diberi makanan berupa kutu air yang telah disaring atau kuning telur ayam rebus. Ikan molly yang berukuran 2-3 cm mampu mulai dikasih makanan cacing. Dan saat sudah dewasa, ikan molly balon yang berukuran 5-7 cm dapat diberi pakan cuk.

Pakan yang digunakan juga dapat berupa dedak halus sebanyak 3-5% dari total bobot anak ikan molly

Sesekali mampu pula menunjukkan makanan berupa pelet 2 mm sebanyak 3 kali jumlah bobot benih. Pakan-pakan ini diberikan dengan frekuensi 2 kali sehari. Dengan teladan makan mirip ini, ikan-ikan molly siap dipasarkan dalam waktu kurang lebih 4-5 bulan perawatan.

Penggantian air mampu dilakukan setiap 2-3 hari sekali

Tujuannya yakni menjaga lingkungan media pemeliharaan supaya tetap bersih dan sehat. Hindari penggantian air yang terlampau sering karena justru dapat menyebabkan stres.