Cara Membuat Dokumen di Google Docs

Agustus 15, 2020 by Tidak ada Komentar

Cara Membuat Dokumen di Google Docs

Anda harus memiliki sebuah alamat Gmail yang aktif untuk proses pendaftaran dan aktifasi situs. Account Gmail (Google Mail, http://www.gmail.com). Google sudah mengintegrasikan akun Gmail untuk semua layanan fasilitas Google.

Terdapat 5 pilihan dokumen yang dapat kita buat, yaitu dokumen text seperti Microsoft Word , Dokumen persentasi seperti Microsoft Powerpoint. Dokumen spreadsheet seperti Microsoft Excel, Membuat gambar seperti menggunakan Paint, Photoshop, CorelDraw dan sebagainya dan yang terakhir membuat form kuesioner online dalam pilihan form. Nah, karena fitur yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari (terutama mahasiswa) dokumen-dokumen text dan presentasi, maka kali akan saya coba jabarkan cara-cara menggunakan Google Docs untuk pemula.

  1. Sebelum masuk ke dalam Google Docs, pastikan kalian sudah memiliki akun universal Google. Apa itu akun universal Google? Jadi sekarang Google sudah mengintegrasikan akun Gmail untuk semua layanan fasilitas Google. Nah, kalau udah punya Gmail, gunakan akun itu untuk semua fasilitas Google.
  2. Setelah pastikan anda memiliki aklun Google, sekarang saya minta anda untuk yakinkan diri anda bahwa anda sudah memiliki akun Google, kalau belum yakin silahkan kembali ke langkah pertama.
  3. Bukan https://docs.google.com dan masukan akun Google pada bagian login.
  4. Ini adalah halaman Google Docs, di bagian tengah yang paling jumbo sendiri itu adalah dokumen yang saya miliki di Google Docs, yang pernah diedit dengan Google Docs atau dokumen orang lain yang mengundang kita untuk membaca / mengedit dokumen tersebut.
  5. Untuk membuat dokumen baru Anda bisa meng-klik menu BUAT > Document untuk membuat file doc. Anda juga bisa memilih jenis file presentasi yaitu seperti Power Point dan lain sebagainya sesuai dengan kebutuhan Anda. 
  6. Ketika anda meng-klik salah satu pilihan, maka Browser akan membuka tab baru untuk mempersiapkan wadah penulisan.                                                      Tampilan ini memang cukup simpel di bandingkan aplikasi yang sangat familiar di telinga Anda yaitu Microsoft Word. Tetapi beberapa menunya memang sudah cukup untuk Anda membuat dokument kantor atau tugas.

Membuat Nama File

Standart nama dokumen yang akan Anda buat adalah Untitled document. Anda bisa merubahnya dengan cara sebagai berikut:

  1. Sorot judul dokumen tersebut, lalu klik sekali.                                                
  2. Akan tampil kotak dialog Ganti Nama Dokumen, masukkan nama yang Anda ingini dalam kolom Masukkan nama dokumen baru.

Mengunggah Atau Mengupload File

  • Silahkan akses ke halaman Google docs https://docs.google.com.
  • Login
  • Selanjutnya kita sudah bisa memulai meng-upload file. Dalam contoh kali ini saya akan menggunakan file pdf. Untuk memulai upload, silahkan klik tombol Unggah kemudian di ikuti dengan memilih File
  • Selanjutnya akan muncul kotak dialog “File Upload” Seperti berikut, Di langkah ini sobat diminta untuk memilih file yang hendak di-upload.
  • Setelah sobat memilih, maka akan muncul dialog proses upload.
  • Jika sudah selesai, maka sobat bisa mengklik dokumen tersebut…

Demikian ulasan dari blog saya semoga bermanfaat..


SUMBER : https://coolpadphone.com/