Cara Budidaya Ikan Gurame Dalam Kolam Yang Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Gurame Dalam Kolam Yang Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Gurame Dalam Kolam Yang Berkualitas

Cara Budidaya Ikan Gurame Dalam Kolam Yang Berkualitas
Cara Budidaya Ikan Gurame Dalam Kolam Yang Berkualitas
Cara Budi Daya Ikan Gurame – Ikan gurame tidak hanya mempunyai banyak kandungan gizi yang baik untuk kesehatan serta perkembangan anak-anak , ikan ini dapat mempunyai daging yang tebal serta enak dikonsumsi. Inilah kenapa ikan gurame kerap jadikan bahan makanan yang sehat juga berkelas. Dan juga Ikan gurame mempunyai prospek untuk dijadikanusaha yang cukup besar. Hal itu ditunjang dengan harga jual ikan gurame yang cukup tinggi dipasar. Kepopuleran ikan gurame juga ditunjang dengan karakter prestise yang ada pada ikan model ini. Harga nya yang mahal bikin ikan gurame banyak di sajikan di restoran berbintang serta pada jamuan berkelas. Hingga itu makin mensupport harga jual ikan gurame yang tinggi. Dalam artikel ini Anda bakal tahu bagaimana caranya budi daya ikan gurame yang agar hasilnya berkualitas.

Pengetahuan Budidaya Gurame

budidaya ikan discus sesungguhnya tak terlampau banyak , walau sebenarnya kesempatan di sebagian tempat sangat besar. Hal semacam ini mungkin saja dikarenakan oleh pembudidayaannya yang memerlukan waktu relatif lama dibanding dengan model ikan lain seperti nila misalnya. Ikan gurame sendiri bisa dibudidayakan lewat cara budidaya ikan gurame yang memerhatikan konstruksi kolam. Ukuran kolam yang baik rata-rata sebesar 5×10 mtr.. Anda bisa lakukan budidaya ikan gurame di kolam terpal , kolam tanah , serta kolam semen dapat juga memakai keramba jaring apung.

Kwalitas Kolam Pembudidayaan

Jika Anda membudidayakan ikan gurame dengan kolam terpal , Anda mesti memerhatikan kwalitas kolam terlebih dulu saat sebelum jadikan tempat pembudidayaan gurame. Saat sebelum bikin suatu kolam untuk cara budidaya ikan gurame , sebaiknya Anda membiarkan tanah yang bakal jadikan kolam sampai jadi kering serta retak-retak. Hal semacam ini ditujukan agar untuk meyakinkan bahwa seluruhnya mikroorganisme mati serta sesudah lakukan pengeringan sebaiknya tanah digemburkan untuk menyingkirkan kandungan amonia. Langkah Cara budidaya ikan gurame yang lain yaitu dengan menebarkan kapur dolomit yang berperan juga sebagai pembasmi kuman serta mikroorganisme yang tersisa di tanah.

Cara Pengisian Air Pada Kolam Budidaya

Untuk mengawali mengisikan air ke kolam sendiri mesti dikerjakan dengan cara bertahap. Yang pertama , isikan air hingga kolam penuh dengan air sepanjang satu minggu. Hal semacam ini mempunyai tujuan agar biota kolam fitoplankton tumbuh subur dalam kolam. Kolam yang dipenuhi fitoplankton bakal mempunyai warna kehijauan dibarengi tumbuhnya lumut. Serta kemudian , barulah gurame siap disebar. Dalam perawatan bibit gurame sendiri mesti memerhatikan kebersihan air kolam ikan. Cara budi daya ikan gurame juga termasuk juga lakukan perubahan air kolam yang dikerjakan sepanjang satu minggu sekali lakukan sepanjang dalam pembudidayaan. Air yang dikuras pasti mesti diberikan air baru yang mempunyai tujuan untuk melindungi aliran oksigen di air.

Pemberian Pakan Ikan Gurame

Pakan ikan gurame yang kami anjurkan yaitu yang mempunyai unsur nabati serta hewani. Gurame pada intinya yaitu ikan herbivora , tetapi juga memerlukan protein hewani yang dipunyai oleh kutu air atau cacing sutra juga sebagai makanan sumber protein hewaninya. Untuk makanan pokok ikan gurame sendiri yaitu pelet serta sayur hijau seperti selada air. Daun-daun yang dapat jadikan makanan juga sebagai cara budidaya ikan gurame yaitu daun singkong , pepaya , kangkungserta tauge.