Adanya Simpati

Agustus 28, 2020 by Tidak ada Komentar

Faktor Eksternal

Selain dorongan – dorongan yang bersifat internal manusia juga melakukan interaksi atas dasar dorongan eksternal, yaitu dorongan – dorongan yang berasal dari luar dirinya. Sesuatu yang menari perhatian dapat berupa orang, benda atau keadaan – keadaan yang menjadi suatu rangsangan untuk melakukan komunikasi dengan orang lain. Adapun macam – macam dorongan eksternal tersebut antara lain :

1) Adanya Simpati

Dalam suatu pra interaksi seorang individu akan merasa tertarik untuk berkomunikasi dengan orang lain. Inilah yang dimaksud dengan simpati yang selanjutnya akan menggerakkan individu untuk mengawali proses interaksi sosial dengan pihak yang lain. Dalam suatu interaksi sosial psikis yang paling mendasar adalah rasa simpati seseorang terhadap orang lain.

Pada dasarnya simpati adalah suatu sikap tertarik kepada orang lain karena sesuatu hal mungkin karena menarik penampilannya, mungkin karena kebijaksanaannya atau karena pola pikir, yang sesuai dengan nilai – nilai yang dianut oleh orang yang menaruh simpati.

Simpati ini akan menjadi dorongan yang sangat kuat pada diri seseorang untuk melakukan kontak dan komunikasi dengan orang tersebut dan hasilnya akan sangat efektif untuk terjadinya suatu proses pertukaran pendapat, nilai – nilai melalui proses interaksi sosial tersebut.

Dengan adanya rasa simpati maka akan mendorong seseorang untuk berbuat apa saja untuk mewujudkan rasa simpati pada orang tersebut.

2) Adanya Motivasi
Motivasi muncul karena adanya rangsangan yang berasal dari luar diri seseorang sehingga individu terdorong untuk melakukan suatu perbuatan dengan melibatkan ornag lain. Motivasi dalam suatu interaksi sosial adalah dorongan yang ada pada diri seseorang yang mendasari orang melakukan perbuatan. Motivasi ini muncul karnea pertimbangan rasionalitas.

Sebagai contoh seseorang memutuskan untuk mengikuti suatu event tertentu ada yang didorong oleh motif – motif tertentu seperti motif ekonomis, motif popularitas, motif politik dan lain – lain. Motivasi akan menjadi salah satu dorongan seseorang untuk melakukan perbuatan tertentu bersama dengan orang yang lain.

Motivasi seseorang bisa dibangkitkan atas dasar keadaan ataupun pengaruh dari orang lain sehingga memunculkan suatu perbuatan bagi seorang individu untu melakukan kontak dengan orang lain.

Sumber: https://wisatalembang.co.id/